Awal Mula Pendudukan Jepang di Indonesia

BANDARQQ365.COM SITUS BANDARQ, BANDAR POKER, DOMINOQQ, ADU Q, POKER ONLINE, SAKONG ONLINE TERPERCAYA

Jepang menduduki Indonesia berawal dari penaklukannya terhadap kawasan Asia Tenggara, dan masyarakat Sumatera mendapat bantuan dari pihak Jepang untuk memukul mundur Belanda dari Indonesia.

fu 105

Keberhasilan Jepang mengalahkan seluruh penjajah Belanda membuat mereka bertindak semena-mena terhadap bangsa Indonesia. Dan kekejaman yang dilakukan tidak jauh berbeda dengan apa yang pernah dilakukan Sekutu Belanda juga penjajah Eropa yang menjajah Indonesia sebelumnya.

Latar Belakang Penjajahan Jepang di Indonesia

Kependudukan Jepang di Indonesia diawali dengan embargo minyak oleh Amerika Serikat yang dilakukan besar-besaran. Dan pada saat itu, Kolonel Yamamoto membuat strategi untuk menjalankan dua operasi, yaitu operasi terbesar dalam sejarah Perang Dunia II dan operasi penyerangan atas Singapura dan Filipina sampai ke Jawa.

Awal serangan terhadap Amerika dilakukan ke Pearl Harbour dengan serangan pesawat tempur dan bombardir pada tanggal 7 Desember 1941. Ribuan pasukan Amerika tewas di medan perang. Keesokan harinya Amerika Serikat memberikan pernyataan bahwa mereka siap ikut bertempur melawan Jepang. Dan akhirnya meletuslah Perang Dunia II antara Jepang dan Amerika.

Jepang berhasil menguasai banyak wilayah terutama Indonesia, sehingga armada perangnya semakin bertambah. Sedangkan Amerika membentuk ABDACOM di Bandung yang dipimpin oleh Jenderal Sir Archilbald Wavell. Pada tanggal 8 Maret 1942, Belanda resmi menyerah dan Batavia berhasil dikuasai oleh Jepang. Dan peristiwa inilah yang menandai awal mula sejarah pendudukan Jepang di Indonesia.

Di awal penjajahan, Jepang membuat propaganda untuk mengelabui dan mengambil hati pribumi. Slogan propaganda tersebut dikenal dengan semboyan 3A dan berbunyi “Jepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Cahaya Asia”. Dan Jepang merubah peraturan militer di Indonesia, diantaranya:

  1. Tentara XVI ditugaskan di wilayah Jawa dan Madura, pusatnya di Batavia.
  2. Tentara XXV ditugaskan di wilayah Sumatera, pusatnya di Bukit tinggi.
  3. Armada Selatan II ditugaskan di wilayah Kalimantan hingga Sulawesi juga Maluku, Papua, Nusa Tenggara, pusatnya di Makassar.

Sistem Romusha

Romusha adalah sistem tanam paksa yang memaksa ribuan rakyat untuk melakukan pekerjaan kasar dan dipekerjakan secara tidak manusiawi. Ribuan masyarakat yang menjadi romusha banyak yang menderita, terserang penyakit akibat lemahnya kondisi fisik, bahkan sampai meninggal dunia. Bila para romusha membangkang perintah Jepang, maka mereka akan mendapat siksaan berupa dicambuk, dipukul, sampai ditembak langsung.

Organisasi Semi Militer Jepang

Ada beberapa organisasi militer yang beranggotakan rakyat Indonesia dibentuk pada masa Pemerintah Jepang, yaitu:

  1. Seinendan: organisasi pemuda berusia antara 14-22 tahun.
  2. Keibodan: barisan pembantu polisi Jepang berusia antara 26-35 tahun.
  3. Heiho: pembantu prajurit Jepang berusia antara 18-25 tahun.
  4. Pembela Tanah Air (PETA)
  5. Fujinkai: organisasi wanita dengan minimal usia 15 tahun.

Akhir Pendudukan Jepang

Kemunduran Jepang diawali dengan menyerahnya Jepang terhadap Sekutu akibat dijatuhkannya bom atom di Horishima dan Nagasaki pada tanggal 6 Agustus 1945. Dan hal inilah yang menandai awal kemerdekaan Indonesia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *