Awal Mula Terbentuknya Negara Palestina

Berdirinya negara Palestina ini dimulai ketika periode Purwa-Kanaan. Hal ini begitu diperkuat dengan adanya fosil manusia yang mempunyai umur lebih dari 1,5 juta tahun di era Pleistocene. Penemuan ini ditemukan di Ubeidiya yang mempunyai jarak 3 km dari Laut Galilee.

fia 84

Fosil ini ialah bukti pertama tentang adanya migrasi awal Homo Erectus yang keluar dari Afrika. Di tahun 1925, ada goa yang mempunyai nama Zuttiyeh di temukan dengan sisa makhluk hidup yang kemudian diberi nama Manusia Palestina.

Setelah periode Purwa-Kanaan berlalu serta melewati 2 fase di masa perunggu, sejarah pun berlanjut dengan periode kerajaan Mesir Baru di tahun 1550 hingga 1400 yang dimana kota ini menjadi sebuah bagian dari kerajaan Mesir Baru yang di saat itu melakukan ekspansi secara besar-besaran menuju Levant.

Di tahun 1778 sebelum masehi, Ramesess mengibarkan bendera perang dan melawan Sea People. Perang ini menjadi awal hilangnya kekuatan kerajaan Baru Mesir yang berada di Levant, hal ini merupakan runtuhnya era dari Perunggu.

Sejarah pun berlanjut pada era Kerajaan Hellenik yang penundukannya di tahun 330 oleh Alexander Agung setelah sebelumnya sudah bisa bertahan dengan melalui berbagai macam periode independen. Di tahun 323 hingga 301 SM, tanah Palestina pun berulangkali diperintah oleh orang berbeda yang dikarenakan perang Diadochi.

Era saat kerajaan Romawi yang mencatatkan bagian di dalam sejarah negara Palestina ini berlangsung selama kurang lebih 3 periode yakni Romawi serta Iudea yang berada di tahun 63 sebelum masehi, yang dilanjutkan periode Romawi Syria Palestina di tahun 132 dan berakhir di tahun 630 dikarenakan kekalahan pasukan Romawi di dalam beberapa perang yang besar. Kekalahan ini lah yang membuka gerbang untuk masuknya kekhalifahan muslim yang di pimpin Rashidun serta Umyyad hingga 968.

Sejarah berdirinya Palestina Modern dimulai di tahun 1516saat Ottoman Turki saat itu menduduki Palestina dan juga Istanbul dan di tunjuk sebagai pemerintah lokal. Kekuasaan akan terancam saat Napoleon memulai perang pada tahun 7 Maret hingga Juli di tahun 1799.

Penyerangan ini kemudian gagal serta berakhir ketika Napoleon di bunuh adiknya yang sudah bekerjasama dengan Ottoman, di tanggal 10 Mei 1832 di daerah Syria Ottoman dan dikuasai oleh ekspansionis Mesir dengan dibawah pimpinan Muhammad Ali di dalam perang Mesir-Ottoman pada tahun 1831.

Ditahun 2000 an pihak Palestina yang berada di daerahnya mulai mengklaim Israel dan mulai memberontak dari adanya serangan pertama mereka di kenal Al-Aqsa Intifada. Di tahun 2002, resolusi pengakhiran konflik Israel-Palestina dan diajukan oleh Amerika, Rusia, Uni Eropa, PBB, di tahun 2004 serta George W. Bush ini meminta jika sebuah negara Palestina dapat hidup berdampingan dengan Israel.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *