Awas !!! Kikil Berformalin Mengancam Kesehatan Anda

Awas !!! Kikil Berformalin Mengancam Kesehatan Anda – Kikil, siapa yang tak kenal bahan makanan ini. Jika ditangan yang tepat, kikil dapat disulap menjadi panganan yang lezat. Akan tetapi baru-baru ini ditemukan kikil yang mengandung senyawa berbahaya formalin atau formaldehida. Itulah yang ditemukan di pabrik pembuatan kikil tanpa izin di Kelurahan Parakanyasak, Tasikmalaya.

123

Pabrik tersebut tidak mendapat izin dan meresahkan masyarakat karena bau bahan kimia yang sangat menyengat. Berdasarkan uji lab, terbukti bahwa kikil tersebut mengandung senyawa formalin yang sangat mengancam keselamatan pengonsumsinya. Lantas, apa bahaya formalin jika dikonsumsi oleh manusia ?

Senyawa formaldehida atau yang dipasaran dikenal dengan nama formalin, merupakan senyawa hasil reaksi oksidasi metanol dengan bantuan katalis tertentu. Formalin awalnya disintesis pada tahun 1859 oleh Aleksander Butlerov. Walaupun senyawa sintesis, formalin dapat ditemukan pada hasil pembakaran karbon, seperti asap kebakaran hutan, asap kendaraan bermotor, dan asap rokok.

Formalin umumnya digunakan untuk berbagai keperluan industri. Formalin dikenal sebagai desinfektan serta sebagai pengawet. Sebagai desinfektan, formalin digunakan sebagai pembersih lantai, gudang, dan pakaian.

Sedangkan sebagai pengawet, formalin digunakan untuk pengawet mayat, untuk mencegah kebusukan pada mayat yang akan dilakukan proses medis tertentu ataupun untuk mengawetkan sebeluum dikremasi. Selain fungsi diatas, formalin juga digunakan dalam vaksinasi serta untuk mengeringkan bekas luka pada kulit. Formalin sangat ampuh dalam membunuh berbagai bakteri.

Bagaimana jika formalin masuk kedalam tubuh dan kedalam metabolisme kita ? sebagaimana polutan lainnya, kadar formalin di udara pun ada batasannya. Kadarnya tidak boleh melebihi 0,1 ppm di udara.

Jika melebihi ambang batas tersebut dan terhirup oleh manusia, akan menyebabkan gejala keracunan berupa rasa mual, pusing, rasa panas, dan tenggorokan kering.

Dan apabila masuk ke dalam tubuh melalui makanan dengan kadarr tertentu, akan menyebabkan peningkatan keasaman darah yang berlanjut pada sulitnya bernapas.

Hal ini akan menyebabkan hipotermia, koma, dan bahkan meninggal dunia. Frmalin yang menumpuk di dalam tubuh juga dapat mempengaruhi terikatnya DNA oleh protein yang mengganggu proses transkripsi DNA. Hal ini dapat menyebabkan pertumbuhan sel yang tidak terkontrol dan menyebabkan kanker.

Untuk itu guys, pintarlah dalam memilih panganan sehat untuk tubuh kita dan perhatikan ciri-ciri kikil berformalin. Umumnya kikil berformalin memiliki ciri fisik yang lebih legit dan tidak berbau amis. Karena konsumen yang cerdas, kehidupan akan sehat.

Semoga bermanfaat,..

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Awas !!! Kikil Berformalin Mengancam Kesehatan Anda

  1. Pingback: Sarapan Pagi, Energi Penting sebelum Beraktivitas | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *