Ayam Pop Menu Khas dari Sumatera

Ayam Pop Menu Khas dari Sumatera – Ayam pop merupakan menu atau masakan khas yang berasal dari daerah Sumatra serta cukup terkenal secara internasional.

Untitled

Bahan utamnya adalah daging ayam, selain itu juga dilengkapi oleh bumbu serta sambal yang bermanfaat bagi kesehatan. Misalnya bawang putih (Allium sativum) bermanfaat sebagai obat tradisional untuk mengobati jantung, batuk dan lain-lain.

Bawang putih juga kaya akan berbagai vitamin yaitu vitamin B1, B5, B6, C dan fosfor. Air kelapa yang digunakan juga bermanfaat sebagai cairan isotonic yaitu cairan untuk rehidrasi. Ayam pop juga dilengkapi dengan tomat yang kaya antioksidan serta vitamin A.

Bahan-bahan yang digunakan adalah 300 ml air kelapa, 4 suing bawang putih parut, 1 sdt garam, 2 sdm air jeruk nipis, 1 ekor ayam potong tanpa kepala dan cakar dan dipotong menjadi beberapa bagian, minyak sayur.

Sedangkan bahan untuk membuat sambal adalah 200 gram tomat merah rebus, 10 buah cabai merah rebus, 12 butir bawang merah rebus, 4 sdm air panas, 2 sdm minyak, 1 sdt garam.

Cara membuat menu ini adalah pertama lumuri ayam dengan garam, bawang serta air jeruk, kemudian didiamkan kurang lebih 1 jam supaya meresap. Selanjutkan masukkan air kelapa dalam panic dan didihkan air kelapa, ayam beserta bumbunya dimasukkan dan tunggu hingga ayamnya empuk.

Setelah empuk, ayam diangkat dan ditiriskan. Goreng ayam tersebut sebentar pada minyak dengan api sedang. Untuk sambal terlebih dahulu panaskan minyak, tumis bumbu sambal yang sudah dihaluskan hingga harum kemudian tuang air secukupnya, ditunggu hingga mendidih kemudian angkat. Setelah ayam dan sambal masak, sajikan keduanya saat panas dengan daun singkong rebus.

Kelezatan ayam pop terletak pada bumbu yang ditambahkan dengan air kelapa pada saat diungkep. Air kelapa tersebut yang memberikan cita rasa manis serta gurih. Sambal tomat pada ayam pop merupakan perpaduan yang cocok karena  sebagai sambal tomat merupakan jodohnya atau pasangannya. Perpaduan cabai dengan tomat sangat menyempurnakan cita rasa ayam yang utuh dan pas.

Baca Juga : 4 Makanan Yang Baik di Konsumsi Saat Musim Hujan

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Ayam Pop Menu Khas dari Sumatera

  1. Pingback: Resep Garang Asem Asli dan Berkualitas | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *