Ayo Wisata Arung jeram Sungai Elo, Mengesankan

Sungai Elo berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sampai saat ini masih tetap menjadi pilihan dari para wisatawan yang menggemari tantangan untuk menikmati arung jeram. Bahkan dalam waktu empat tahun terakhir, wisata arung jeram di Sungai Elo masih tetap menjadi pilihan favorit wisatawan karena memiliki rute yang relatif aman.

c 78

Lokasi wisata arung jeram Sungai Elo yang memang cukup dekat dengan Candi Mendut serta Borobudur ini hanya membutuhkan waktu sekitar 9 kilometer. Start arung jeram sendiri dimulai dari Blondo hingga mengambil finish di Bojong. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 3-4 jam.

Selama kurun waktu 4 tahun terakhir, meskipun musim kemarau bisa dikatakan wisata arung jeram di Sungai Elo masih memiliki banyak peminat. Padahal di tahun-tahun sebelumnya ketika memasuki musim kemarau, wisata arung jeram di Sungai Elo tidak beroperasi.

Wisata arung jeram terkenal sangat ramai ketika memasuki liburan akhir pekan, yakni Sabtu dan Minggu. Sementara peminatnya sebagian besar dari instansi, entah itu instansi pemerintah maupun swasta dan juga mahasiswa. Ketika ramai pengunjung, biasanya dalam 1 hari di Sungai Elo beroperasi hingga sekitar 50 perahu.

Mengapa Sungai Elo sangat diminati untuk wisata arung jeram? Hal ini dikarenakan Sungai Elo terkenal dengan variasi jeram antara grade I hingga III yang tentu sangat menantang.

Jeram yang memiliki grade rendah semacam ini sangat ideal dimanfaatkan sebagai wisata alam keluarga. Maka dari itu wisata arung jeram di Sungai Elo tetap bisa diikuti oleh wisatawan yang masih berusia minimal 5 tahun karena dinilai relatif aman.

Baca Artikel Lainnya :

Berbicara mengenai harga paket untuk wisata arung jeram sangat bervariasi, tetap cukup terjangkau bagi para wisatawan berbagai kalangan. Karena umumnya wisatawan perlu mengeluarkan biaya Rp 750.000 untuk 1 perahu yang sudah dilengkapi fasilitas asuransi, 1 kali makan dan transportasi menuju ke lokasi start.

Peminat wisata arung jeram di Sungai Elo tercatat hampir dari seluruh Indonesia, akan tetapi kunjungan yang terbanyak datang dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *