Aziz Sancar, Ilmuwan di Bidang Biokimia

Biografi Aziz Sancar, Ilmuwan di Bidang Kimia – Aziz Sancar merupakan seorang ilmuwan keturunan Turki – Amerika yang menggeluti bidang biokimia dan biologi molekuler khususnya dalam hal perbaikan DNA, siklus sel dan circadian clock.aziz

Pada tahun 2015, Aziz Sancar diberikan penghargaan Nobel dalam bidang Kimia bersama dengan Tomas Lindahl dan juga Paul L Modrish karena penelitian dan penemuan mereka dalam bidang DNA repair.

Aziz Sancar merupakan salah satu orang yang mendirikan sebuah Foundation yang bernama Aziz & Gwen Sancar Foundation. Foundation ini merupakan organisasi yang tidak bertujuan untuk mencari keuntungan. Namun organisasi ini memiliki misi untuk mempromosikan kebudayaan Turki dan untuk mendukung pelajar – pelajar Turki yang sedang menuntut ilmu di Amerika Serikat.

Aziz Sancar lahir pada tanggal 8 September 1946. Aziz Sancar berasal dari keluarga Arab sederhana di kabupaten Savur provinsi Mardin sebelah tenggara Turki. Aziz Sancar merupakan anak ke tujuh dari delapan bersaudara. Orang tua Aziz Sancar merupakan orang yang buta huruf namun orang tua dan Aziz Sancar memiliki semangat dalam pendidikan.

Dalam sebuah wawancara, Aziz Sancar mengatakan bahwa selama masa mudanya, Aziz Sancar merupakan seorang yang nasionalis. Kakak laki – laki Aziz Sancar bernama Kenan Sancar merupakan pendiunan Brigadir Jenderal pasukan tentara Turki. Aziz Sancar juga merupakan sepupu dari Mithat Sancar yang merupakan wakil HDP Mardin.

Aziz Sancar merupakan anggota kehormatan dari Turkish Academy of Science dan juga American Academy of Art and Science. Aziz Sancar dipilih untuk National Academy of Science di tahun 2005 sebagai anggota Turki – Amerika pertama. Aziz Sancar merupakan professor Sarah Graham Kenan di bidang Biokimia di University of North Carolina yang berlokasi di Chapel Hill.

Aziz Sancar menikahi seorang wanita bernama Gwen Boles Sancar yang lulus pada tahun yang sama dengannya dan juga seorang professor di bidang Biokimia dan Biofisika di Unibersity of North Carolina.

Bersama sang istri, Aziz Sancar mendirikan Carolina Turk Evi yang merupakan sebuah Turkish Center tetap yang lokasinya dekat dengan kampus UNC – CH dimana tempat ini menyediakan kediaman untuk empat peneliti di UNC – CH, mahasisea turki yang berkunjung, dan juga sebagai pusat untuk mempromosikan pertukaran mahasiswa Turki dan Amerika.

Aziz Sancar mendapatkan pendidikan dasar di kampung halamannya Savur. Kemudian Aziz Sancar menyelesaikan pendidikan masternya di Universitas Istanbul Turki dan menyelesaikan pendidikan doktoralnya mengenai enzim fotoreaktivitas E coli di tahun 1977 dari Universitas Texas di Dallas tepatnya di laboratoriumnya Dr C Stan Rupert yang saat ini telah menjadi professor emeritus.

Aziz Sancar sering merasa terganggu dengan pertanyaan – pertanya orang mengenai latar belakang keturunannya. Apakah Aziz Sancar seorang keturunan Arab atau setengah Turki karena Aziz Sancar telah berkali – kali mengatakan bahwa Aziz Sancar tidak mengetahui bahasa Arab atau Kurdish dan Aziz Sancar adalah orang Turki.

Baca juga : Frederick Grant Banting, Peraih Nobel Fisiologi

Loading…

One thought on “Aziz Sancar, Ilmuwan di Bidang Biokimia

  1. Pingback: Ilmuwan Penemu Baterai yang Pertama | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *