Bagaimana Agar Tetap Bugar dan Fit pada usia 40?

Metabolisme tubuh pun kian melambat dan tubuh akan mulai sulit mengolah makanan saat menginjak usia 40 tahun. Tubuh bugar di usia 40-an tidak semudah seperti yang dibayangkan. Berikut ini rahasia agar tubuh tetap bugar di usia 40-an :

e 4

1. Berolahraga secara rutin dan teratur

Daripada melakukan macam-macam latihan fisik yang berbeda-beda, sebaiknya Anda bergabung dengan program olahraga yang baik. Disitu anda bisa meminta bantuan dari seorang ahli kebugaran.

Bagi sebagian orang, olahraga mungkin aktifitas yang membosankan. Aktivitas aerobik dapat menjadi jalan keluar bagi Anda yang tidak suka berolahraga. Cobalah bergabung dengan kelas aerobik dan gerakkanlah tubuh Anda agar anda tetap fit.

Di usia 40 tahun, sebaiknya sempatkan diri untuk melakukan latihan fisik sederhana seperti jalan santai. Mulailah dari yang sederhana dengan melakukan jalan santai selama 20 menit di pagi hari dan coba menambahkan durasinya secara bertahap sampai satu jam.

2. Diet sehat

Anda ialah apa yang Anda makan. Makan makanan yang sehat dapat membuat Anda sehat, namun sebaliknya, makan makanan yang tidak sehat bisa membuat tubuh anda dapat mudah terserang penyakit.

Sebaiknya, cobalah konsultasikan dengan ahli gizi dan buat sendiri bagan diet sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

ya makanan memegang peranan yang sangat penting untuk kesehatan seseorang, agar anda tetap fit dan segar bugar konsumsilah jenis makanan sehat dan mengandung banyak nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti biji-bijian, sayuran, protein tanpa lemak, buah-buahan, dan produk susu rendah lemak.

Saat metabolisme Anda mulai melambat yakni waktu anda menginjak usia 40 tahun, makan makanan yang banyak serat akan membantu mengurangi kalori dan menambah tingkat kesehatan Anda. Menurut pakar kesehatan, diet tinggi serat juga bisa memoderasi pelepasan glukosa ke dalam aliran darah yang bisa mengurangi tingkat risiko terkena penyakit hingga 60 persen.

Semua makanan olahan tidak sehat, jadi sebisa mungkin hindari mengkonsumsinya. Prioritas utama perusahaan makanan pastilah bukan kesehatan Anda .Tidak mudah memang, tapi harus diusahakan.

Ini mungkin klise dan Anda mungkin sudah mengetahuinya. Jangan pernah tertipu oleh klaim rendah kalori atau klaim diet, makanan fast food (cepat saji) dan minuman manis dapat membuat tubuh anda gemuk dan tak sehat.

Air putih benar-benar membantu. Semakin banyak air yang saya minum, maka semakin baik fungsi tubuh manusia. (Jika Anda kurang suka air, tambahkan beberapa tetes jus apel dalam air putih Anda agar rasanya tidak terlalu hambar).

Protein pada ikan, sayur mayur dan buah-buahan membuat tubuh manusia lebih sehat dan lebih energik.

3. Check up secara teratur

Lakukan pemeriksaan medis atau kesehatan secara teratur. Saat seseorang menginjak usia 40 an, penglihatan akan mulai menurun.

Pastikan untuk rutin mengecek kesehatan mata anda di dokter mata atau pakar medis terkait untuk menjaga dan mengecek apakah ada masalah pada kesehatan mata anda, sehingga masalah kesehatan pada mata anda bisa segera mendapatkan perawatan dengan cepat untuk mencegah anda dari kehilangan penglihatan pada mata anda.

Terlepas dari kacamata yang dirancang untuk membaca serta jarak pandang untuk melihat dengan jelas, menggunakan kacamata hitam bisa mencegah kerusakan lebih lanjut karena jika terlalu banyak paparan sinar matahari bisa menyebabkan katarak.

Kondisi yang dikenal sebagai degenerasi makula terkait umur, juga disebut AMD, ialah salah satu penyebab utama kehilangan penglihatan pada manusia saat menginjak usia 50 tahun. Selain kesehatan mata anda juga harus teratur cek kesehatan tubuh anda secara rutin dan teratur ke dokter terkait.

Pemeriksaan kesehatan rutin harus dipertahankan sesuai dengan rekomendasi dokter. Tergantung pada sejarah medis keluarga Anda, kesehatan Anda secara keseluruhan dan prosedur skrining, faktor personal risiko, tes rutin dan pemeriksaan fisik bisa bervariasi antara individu dengan individu yang lainnya.

Melakukan hal ini dapat membantu menilai risiko yang mungkin saja bisa timbul untuk masalah kesehatan, memonitor atau memeriksa untuk berbagai macam penyakit dan mengonsultasikan dengan tepat untuk pola hidup yang lebih sehat.

4. Bersikaplah positif

Anda mungkin sering mendengar banyak orang berkata bahwa selalu bersikap positif dalam menjalankan roda kehidupan ini apalagi ketika usia anda mencapai 40 tahun agar anda tetap sehat dan bugar.

Baca Artikel Lainnya :

5. Yoga dan Meditasi

Melakukan Yoga kemudian meditasi tidak hanya dapat mengubah penampilan fisik Anda, tapi juga memperbaiki kondisi mental Anda. Lakukan yoga dan meditasi untuk menjaga kesehatan mental Anda.

6. Cukup Istirahat

Istirahat yang cukup dapat membantu tubuh memperbaiki semua sel-sel di dalam tubuh yang mungkin telah rusak saat berolahraga atau karena alasan lain. Istirahat juga dapat menambah energi tubuh dan membuat tubuh anda tetap bugar.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *