Bagaimana Cara Budidaya Ikan Lele Menggunakan Terpal Dengan Tepat

Bagaimana Cara Budidaya Ikan Lele Menggunakan Terpal Dengan Tepat – Iklan lele merupakan salah satu jenis ikan yang sangat di gemari di kalangan masyarat indonesia karean memiliki rasa yang gurih. Dengan semangkin tinggi permintaan iklan lele di indonesia, hal ini menjadikan nilai ekonomis dari suatu lele ini akan tinggi bila mana budidayanya di lakukan secara intensif. Nah dalam kesempatan klai ini saya akan mencoba menguraikan bagaimana cara budidaya ikan lele dengan menggunakan terpel secara tepat.

Untitled

1. Persiapan kolam

Sepertiyang sudah tertera di judul artikel ini tentunya kolam akan di buat dengan menggunakan terpal, mengapa menggunakan terpal? Karena apabila menggunakan batu atau semen biaya yang di keluarkan juga akan relatif lebih besar bila di bandingakan dengan menggunakan terpal. Terpal adalah cara yang sangat simpel dalam budidaya iklan lele.

Biasanya untuk mempermudah budidaya awalnya tanah di gali sedalam 15 cm setelah itu terpal di bentang dan di bedirikan. Luas kolam tergantung dengan banyaknya bibit yang akan di budidayakan, secara umum kolam biasanya mempunyai besar 2 m x 3m atau 3 m x 3 m.

2. Persiapan Benih

Benih ikan lele sangat penting untuk di perhatiakan karena perlu di ingat bahwa keberasilan dalam sebuah budidaya adalah di lihat dari benih yang di tanam atau di budidayakan, mungkin anda bisa memilih bibit unggul dari jenis lele jumbo. Kenapa lele jumbo, karena lele jenis ini proses pembesarannya sangat cepat dan sangat cocok untuk meningkatka pendapatan secara cepat.

Untuk Ukuran benih sendiri biasanya memiliki panjang antara 5-7 cm. Yang pelu diperhatiakan dalam sebuah kolam adalah benih yang disebarkan memiliki ukuran yang sama sehingga nantinya tidak ada ikan yang memangsa ikan lainnya.

3. Pemberian Pakan

Bila berbicara pakan tentunya anda sudah tahu, pakan snagat menentukan keberasilan suatu usaha budidaya lele ini, dengan pakan yang baik tentunya lele akan berkembang dengan baik pula. Namun pengeluaran terbesar dari budidaya ikan lele ini adalah dari segi pakan. Ada banyak sekali jenis pakan yang di jual di pasaran dengan tingkat kandingan yang beragam. Namun yang sering di gunakan untuk pakan adalah pelet. Namun pelet ini harganya lumayan mahal 5ribu hingga 7ribu/kg nya. Untuk meghemat pengeluaran anda bisa membuat pakan sendiri yaitu dengan memanfaatkan sampah organik rumh tangga seperti kol, sayur dan lain sebagainya sehingga bisa memnghemat biaya pengeluaran.

4. Pengendalian hama dan penyakit

Mungkin untuk sebagian petani ikan lele, hal ini tidak begitu diperhatikan namun akan berdampak secara serius untuk keberasilan budidaya ikan lele. Hama yang sering menyerang ikan lele biasanya predator seperti ular, musang, burung dan lainnya. Cara untuk menangani hal ini anda bisa membuat jaring di atas kolam terpal sehingga predator tidak bisa masuk ke dalam kolam untuk memangsa ikan lele.

Sedangkan untuk masalah penyakit biasanya menyerang melalui protozoa, bakteri maupun virus. Penyakit penyakit ini seperti bintik putih, kembung perut dan lain lain. Anda bisa mengendalikan penyakit ini dengan selalu mengontrol air kolam sperti mengganti air kolam secara berkala, pakan juga harus di perhatikan dan juga yang tak kalah pentingnya adalah suhu kolam, usahakan suhu kolam berada pada suhu 180C.

5. Pemanenan Ikan Lele

Iklanlele yang siap panel apabila sudah mencapai ukuran 8-10 ekor dalam per kg. Namun anda juga bisa memanennya dengan ukuran yang lainnya sesuai dengan pesanan yang anda terima, dan biasnaya di panen dalam jangka waktu 2 hingga 3 bulan dari proses pembibitan.

Sebaiknya sebelum proses pemanenan lele tidak di beri makanan agar tidak mengeluarkan kotoran waktu diangkut. Dalam proses pemananan ini juga di perhatiakan besar kecilnya ikan lele dan dilakuakn sortir sehingga ukuran lele yang di pasarkan sama ukurannya.

Demikianlah yang mungkin bisa saya sampaikan dalam kesempatan ini. Semoga artikel yang membahas mengenai Bagaimana Cara Budidaya Ikan Lele Menggunakan Terpel Dengan Tepat bisa memberikan pencerahan untuk kita semanya. Semoga sukses dalam budaya ikan lele. Salam super..

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *