Bagaimana Cara Kerja Jantung Pada Manusia?

Jantung merupakan salah satu organ dalam yang sangat penting bagi tubuh kita, karena bertugas untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Coba bayangkan, jika jantung yang ada di dalam tubuh kita tidak mampu untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

t-70

Tentu darah tidak akan menyebar ke seluruh bagian tubuh dan tidak dapat menyebarkan oksigen serta nutrisi yang diperlukan tubuh. Posisi atau letak jantung berada di rongga dada yang dilindungi oleh rongga mediastinum dan diantara paru-paru.

Bagaimana Cara Kerja Jantung Pada Manusia

Cara kerja jantung pada manusia terbagi menjadi beberapa proses, berikut beberapa proses ketika jantung pada manusia bekerja;

Proses Saat Jantung Memompa Darah

  • Jantung kita terbagi menjadi dua sistem pompa yang terpisah yaitu bagian kanan dan bagian kiri.
  • Jantung bagian kanan berfungsi untuk menerima darah miskin oksigen yang berasal dari pembuluh darah dan memompa darah tersebut ke paru-paru untuk mengambil oksigen serta menghilangkan karbon dioksida yang dikandung oleh darah.
  • Jantung bagian kiri berfungsi untuk menerima darah kaya oksigen yang berasal dari paru-paru dan memompa darah tersebut ke seluruh bagian tubuh kita.
  • Jantung kita memiliki empat bilik terpisah yang berfungsi untuk memompa darah, dua bilik berada di sisi kanan dan dua bilik berada di sisi kiri.

Proses Saat Darah Melewati Jantung

Darah mengalir melewati jantung dan paru-paru melalui empat proses yaitu

  • Atrium kanan menerima darah miskin akan oksigen yang berasal dari seluruh tubuh dan memompa darah tersebut ke ventrikel kanan melewati katup trikuspid.
  • Ventrikel kanan memompa darah yang miskin akan oksigen untuk dikirim ke paru-paru melalui katup paru.
  • Atrium kiri menerima darah kaya akan oksigen yang berasal dari paru-paru, selanjutnya atrium kiri memompa darah tersebut ke ventrikel kiri melewati katup mitral.
  • Ventrikel kiri memompa darah yang kaya akan oksigen melewati katup aorta untuk dialirkan ke seluruh bagian tubuh kita.

Atrium kanan dan kiri merupakan ruangan yang sangat kecil yang berfungsi untuk memompa darah ke dalam ventrikel, sedangkan ventrikel kanan dan kiri merupakan pompa yang lebih kuat dari pada atrium.

Saat jantung dalam kondisi sehat, keempat bilik pada jantung akan bekerja secara bersamaan dan terkoordinasi untuk menjaga agar darah yang kaya akan oksigen tetap beredar ke seluruh bagian tubuh kita.

Bagaimana Cara Jantung Untuk Dapat Bekerja Secara Normal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jika fungsi utama jantung adalah untuk memompa darah, nutrisi, dan oksigen agar keberlangsungan hidup kita tetap terjaga. Untuk tetap bekerja dengan normal, jantung kita harus;

Baca Artikel Lainnya :

  • Mengatur waktu atau frekuensi detak jantung,
  • Menjaga agar otot jantung tetap sehat, dan
  • Menjaga agar darah yang mengalir tetap efisiensi.
Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *