Bagaimana Cara Kerja Mesin Pendingin Ruangan (AC)?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pendingin Ruangan (AC) – Pendingin ruangan (Air Conditioner) atau yang lebih kita kenal dengan sebutan AC merupakan salah satu peralatan elektronik yang cukup kita butuhkan.

Untitled

Baik perkantoran maupun rumah tangga kini menggunakan AC sebagai salah satu peralatan elektronik yang sebisa mungkin ada demi memberikan udara dan suhu udara yang mendukung kinerja manusia.

Teriknya matahari dan suhu udara yang tinggi menjadikan kita cukup bergantung pada hadirnya Pendingin Ruangan ini. Namun, ketika udara di dalam ruangan yang menggunakan AC menjadi lebih rendah, suhu di luar menjadi lebih tinggi akibat kinerja AC.

Mengapa bisa terjadi hal tersebut? Untuk mengetahui jawabannya, Anda tentunya harus mengetahui bagaimana cara kerja dari mesin pendingin ruangan ini. Berikut ulasan singkatnya.

  1. Kinerja AC pertama kali adalah menghisap udara pada ruangan tertutup melalui komponen kipas sentrifugal. Komponen ini terletak pada evaporator. Udara yang telah dihisap kemudian masuk dan bertemu pipa coil yang kemudian bersentuhan dengan freon atau cairan refrigerant. Freon inilah yang akan menyerap panas udara di ruangan tersebut. Selanjutnya ketika suhu udara menjadi lebih rendah, refrigerant akan menguap. Uap ini nantinya akan berkumpul pada penampung uap.
  2. Tekanan uap yang berasal dari evaporator dialirkan ke kondensor. Saat sedang berlangsung kompresi, suhu dan tekanan uap refrigerant akan menjadi tinggi sehingga ditekan masuk menuju kondensr. Udara yang keluar dari kondensor merupakan udara panas yang telah berubah bentuk menjadi uap. Uap ini memberikan kalor pada udara pendingin yang terdapat di kondensor hingga menjadi embun yang terdapat di pipa kecil.
  3. Supaya sirkulasi udara dapat menjadi dingin secara berkelanjutan serta dapat diatur sesuai dengan keinginan penggunanya, maka akan dibutuhkan thermostat yang berfungsi untuk mengatur suhu dalam ruangan yang menggunakan AC.
  4. Dalam ruangan dengan suhu yang sudah rendah dibandingkan dengan suhu luar ruangan, maka udara di luar akan terhisap pula. Cara kerja pendingin ruangan ketika mengolah udara yang berada di luar ruangan kira-kira sama dengan cara mesin ini mengolah udara yang berada di dalam ruangan. Udara yang masuk dari luar ruangan melalui kisi-kisi AC.
  5. Kejadian ini akan terjadi secara terus menerus untuk menjadikan suhu udara dalam ruangan selalu berada pada suhu yang ditetapkan hingga AC dimatikan.

Kemajuan teknologi dalam menghasilkan produk-produk yang semakin memudahkan dan menyamankan kita dalam bekerja begitu nyata dan dari hari ke hari semakin menunjukkan perbaikan yang baik.

Tentunya hal ini merupakan salah satu bentuk betapa kita diciptakan sebagai makhluk yang cerdas. Oleh karena itu, kita juga harus bisa mempergunakan kemajuan teknologi ini secara cerdas supaya manfaat dari kemajuan teknologi dapat dirasakan secara optimal.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *