Bagaimana Cara Melihat Indikasi Seseorang Ingin Melakukan Bunuh Diri ?

Tindakan bunuh diri atau yang biasa disebut suicide bukanlah gangguan mental, namun konsekuensi serius dari sebuah gangguan mental yang meliputi depresi berat, gangguan bipolar, ganguan stress, schizor phernia, bulimia, dan juga anorexia nervosa.

s 208

Ulasan di bawah ini penting untuk Anda ketahui untuk mengetahui indikasi seseorang yang ingin melakukan bunuh diri.

  • Kekecewaan dan Kesedihan yang Panjang;

Kesedihan yang panjang dan berlarut-larut, mood yang berayun-ayun, dan kemarahan yang tak dapat diprediksi merupakan gejala yang terlihat dari seseorang yang bernia tuntuk bunuh diri.

  • Hopelessness;

Tidak memiliki harapan dalam hidup dan suka mengeluh merupakan tanda seseorang yang tidak memiliki semangat hidup. Mereka biasanya akan selalu uring-uringan dan berkata-kata kasar kepada banyak orang.

  • Insomnia Berkepanjangan;

Walau ini tak sepenuhnya benar, terkadang insomnia yang berkepanjangan sering ditemukan pada seseorang yang melakukan tindakan bunuh diri.

  • Sudden Calmness;

Hal ini sangat kentara terlihat pada seseorang yang biasanya Anda kenal periang dan sangat ramah. Kondisi di mana seseorang tiba-tiba menjadi sangat pendiam dan menyendiri merupakan indikasi yang tidak boleh untuk diremehkan dan dianggap biasa.

  • Penarikan Diri;

Atau biasa disebut with drawal, adalah sebuah tindakan untuk menarik diri dari kerumunan, masyarakat, atau bahkan keluarga yang biasanya menjadi tempat untuk berkumpul bersama.

Hal ini ditandai dengan pengurangan drastic kesenangan untuk bertegur sapa dan berkomunikasi dengan orang-orang di sekelilingnya. Hal ini merupakan konsekuensi dari depresi yang bias jadi berujung pada tindakan bunuh diri.

  • Perubahan Sikap dan atau Penampilan Fisik;

Seseorang yang ditengarai akan melakukan tindakan bunuh diri biasanya akan memiliki pergantian sikap maupun kepribadian. Lalu, karena hal itu juga biasanya mereka menjadi tak peduli dengan penampilan fisiknya.

  • Melakukan Aksi-Aksi Berbahaya;

Biasanya, mereka akan terlibat atau melakukan berbagai macam aktivitas yang mengancam nyawa, seperti menyetir ugal-ugalan dan penggunaan obat-obatan terlarang. Hal itu didasari oleh sifat mereka yang sudah tak menghargai anugerah hidup.

  • Melakukan Persiapan;

Hal ini sangat sering terjadi. Biasanya, seseorang yang akan melakukan tindakan bunuh diri akan melakukan serangkaian persiapan, seperti mengunjungi saudaranya, bersedekah, hingga membersihkan rumah dan kamarnya.

  • Melakukan Ancaman Bunuh Diri;

Hal ini adalah hal yang harus sangat diperhatikan. Jangan menganggap remeh apabila ada seseorang yang berkata ingin mengakhiri hidupnya.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa tanda yang dapat Anda cermati untuk mengetahui indikasi seseorang yang ingin melakukan tindakan bunuh diri. Sebisa mungkin, cegah usaha mereka untuk mengakhiri hidupnya dan berikan bimbingan yang diperlukan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *