Bagaimana Cara Melihat Spesifikasi Pada Laptop dan Komputer?

Tanpa mengetahui spesifikasi dari komputer atau laptop ibarat pepatah Anda telah “membeli kucing dalam karung”. Tidak semua komputer atau laptop bisa diinstal aplikasi berat seperti program aplikasi desain ataupun game.

b 16

Yang membedakan hal ini tentu adalah spesifikasi komputer atau laptop tersebut. Semakin baik spesifikasi-nya, maka semakin bagus kinerja komputer.

Lantas, bagaimana sih cara mengetahui spesifikasi sebuah komputer atau laptop? Biar jadi lebih tahu cara-cara mudah melihat spesifikasi laptop atau komputer, mari baca terus ulasan berikut:

Gunakan DirectX Diagnostic Tools (dxdiag)

  1. Tekan tombol Win + R, lalu ketik dxdiag, kemudian enter. Maka, akan muncul jendela dxdiag
  2. Di dalamnya ada beberapa tab, yang penjelasan singkatnya sebagai berikut:
  3. Tab System, adalah jendela yang memberikan informasi general atau umum tentang spesifikasi komputer seperti nama komputer.
  4. Tab Display, adalah jendela informasi yang berkaitan dengan display komputer memakai kartu VGA dalam komputer.
  5. Tab Sound, adalah jendela informasi yang menyampaikan beberapa data penting seputar kartu suara atau sound card beserta nama dan jenis driver yang dipakai komputer.
  6. Tab Input, adalah jendela informasi yang memberikan data seputar penggunaan input device atau piranti masukan termasuk penggunaan mouse dan keyboard.

Gunakan aplikasi Speccy

Di samping menggunakan aplikasi atau program untuk melihat spesifikasi komputer yang sudah ada dari sistem operasi Windows, Anda masih bisa memakai jenis-jenis program aplikasi serupa dengan dxdiag dari segi fungsinya.

Akan tetapi, pada program aplikasi untuk melihat spesifikasi komputer besutan dari perusahaan lain, umumnya akan memiliki fitur-fitur khusus yang lebih memberikan informasi secara lengkap dan detail. Salah satu yang bisa digunakan adalah Speccy untuk melihat spesifikasi komputer.

Baca Artikel Lainnya :

Cara melihat spesifikasi komputer dengan speccy

  1. Pertama, download atau unduh aplikasi Speccy.
  2. Kemudian, instal program aplikasi speccy ke dalam komputer.
  3. Jalankan, dan Anda bisa langsung melihat spesifikasi komputer secara detail.

Sekadar informasi, banyak pilihan program aplikasi yang bisa Anda pakai untuk melihat spesifikasi komputer, antara lain misalnya CPU-Z, HWiNFO, dan masih banyak lagi.

Selamat mencoba.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *