Bagaimana Cara Membuat Anak Kita Akur

Kata akur merupakan sebuah hal yang langka bagi anak-anak, terutama yang masih kecil. Jika tidak diantisipasi dengan baik, perasaan seperti ini akan terbawa sampai anak-anak menjadi dewasa. Alangkah canggungnya jika hidup di bawah satu atap tapi tidak akur.

r 140

Di sinilah peran orang tua sangat dibutuhkan, yaitu membuat anak agar lebih akur dan saling menghargai.

Mempunyai lebih dari satu anak akan membuat orang tua pasti menjadi lebih bahagia. Keadaan di rumah juga akan menjadi lebih semarak dengan hadirnya anak-anak. Tentunya, hal ini harus disertai dengan manajemen keluarga baik.

Masalah yang paling sering terjadi pada anak-anak adalah tidak akur sesame saudaranya. Rasa tidak akur bisa jadi dipengaruhi oleh kedua orang tua anak sendiri.

Inilah cara membuat anak agar akur

  • Mendamaikan pertengkaran

Disinilah peran orang tua harus terlihat. Ketika terjadi pertengkaran sesama anak-anaknya, orang tua harus berperan aktif dalam mendamaikan keduanya.

Jangan sampai berat sebelah, karena justru dapat menimbulkan pertengkaran lain. Pertengkaran pasti akan berakhir seiring perkembangan pengetahuan anaknya. Proses pendewasaan akan membuat masalah berakhir.

  • Mengajari tanggung jawab

Sejak dari kecil seorang anak harus sudah diajari tentang tanggung jawab. Berikan pengertian kepada sang kakak agar menyayangi adiknya, dan sang adik harus bisa menghormati kakaknya.

Rasa sayang dan hormat akan membuat keduanya saling menghargai. Setelah diajari, coba pantau dan lihat hasilnya.

  • Menanamkan sopan santun

Selain rasa tanggung jawab, sikap sopan santun juga harus ditanamkan sejak kecil. Sopan santun dengan sendirinya akan membuat sikap saling menghargai antar saudara terpupuk dengan sendirinya. Salah satu sopan santun yang bisa diajarkan seperti maaf, tolong dan terima kasih.

  • Memberikan kegiatan bersama

Selain menanamkan nilai-nilai sosial, anak-anak juga perlu dibuatkan kegiatan secara bersama-sama agar kekompakan lebih terjalin.

Kegiatan seperti ini akan memberikan kesan kepada anak-anak agar selalu ingat tentang kekerabatannya. Tidak perlu kegiatan yang susah, cukup buatlah acara masak bersama keluarga.

Baca Artikel Lainnya :

  • Berikan contoh

Anak-anak merupakan penjiplak yang baik. Jadi, alangkah baiknya jika ingin mengajarkan sifat akur mulailah dengan memberikan contoh secara langsung.

Tunjukkan rasa kasih sayang melalui kedekatan pada semua anggota keluarga. Selain dari sifat-sifat tersebut, tunjukkan juga cara mengungkapkan melalui ciuman atau pelukan.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *