Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Busuk Daun Tanaman Tembakau?

Pertanyaan :

Bagaimana Cara Mengatasi Penyakit Busuk Daun Tanaman Tembakau?

Jawaban :

Penyakit busuk daun pada tanaman tembakau dapat disebabkan oleh bakteri Sclerotium rolfsii. Gejala yang timbuk akibat serangan bakteri ini adalah tanman layu namun pada daerah daun membusuk dengan perlahan, bila penyakit dibiarkan, serangan bakteri ini juga akan menyerang akar. Penyebaran penyaikit ini melalui sentuhan pada daun maupun luka yang terjadi pada batang, akibatnya penyakit ini meluas ke batang sehingga pangkal batang berwarna hitam. dan bahkan ke tanaman lainnya yang berada di sekitarnya.

Pengendalian penyakit yang disebabkan oleh bakteri Sclerotium rolfsiii dapat dilakukan dengan beberapa cara antara lain, sebagai berikut :

  1. Kelembaban pada daerah pembibitan tembakau dikurangi apabila ditemukan satu atau dua tanaman bergejala busuk batang, untuk mengantisifasi penyebarannya cabut dan bakar tanaman yang terserang penyakit ini.
  2. selain dengan cara membakar tanaman yang terserang Membasmi bakteri Erwinia carotovora juga dapat dilakukan dengan  menyiram Agrimycin 15/1,5WP dengan konsenstrasi kurang lebih 0,1 g/liter air yang dicampur dengan fungisida yang mengandung Cu seperti Kocide 54WP konsentrasi 1-2 gr formulasi /liter air masing-masing digunakan sebanyak 50 ml/lubang tanam pada tanaman tembakau.
  3. Melakukan penyeleksian bibit pada saat bibit akan dipindahkan ke lapangan dari persemaian. Bibit yang terindikasi penyakit ini segera di bakar atau dimusnakan.
  4. Pada tembakau yang sudah berada di lapangan lakukanlah sanitasi, hal ini mencegah perkembangbiakan bakteri Erwinia carotovora.
  5. Sedangkan Untuk mencegah serangan bakteri ini silahkan menyemprot terserang dengan GLIO
  6. Pencegahan serta pengendalian bakteri Erwinia carotovora dapat juga dilakukan dengan cara menanam pada gulud semu.

Bila ingin tanya Jawab seputar dunia pertanian, silahkan Kirimkan pertanyaan ke Jokowarino@yahoo.com

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *