Bagaimana Cara Mengembangkan Kecerdasan anak

Setiap orang tua tentu ingin emmiliki anak yang kreatif dan cerdas. Membangun tingkat kecerdasan anak tentu merupakan sepenuhnya kewajiban Anda sebagai orang tua. Untuk itu Anda perlu tahu apa saja yang bisa Anda lakukan agar dapat emningkatkn kecerdadan anak Anda.

g 20

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menegembangkan tingkat kecerdasan anak Anda:

1. Menyediakan sarapan sehat setiap pagi

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan demi mewujudkan harapan Anda memiliki anak yang cerdas adalah dengan selalu menyediakan sarapan sehat setiap pagi sebelum mereka berangkat sekolah.

Ulm University, Jerman melakukan sebuah penelitian terhadap pelajar yang memulai hari dengan sarapan pagi setiap harinya ternyata memiliki memori yang lebih tajam dan lebih waspada dibandingkan dengan pelajar lain yang melewatkan sarapan.

Anda bisa memberikan sarapan sehat seperti sereal gandum utuh, kacang-kacangan, susu rendah lemak, ikan, dan telur. Padukan beberapa makanan tersebut dalam piring mereka.

2. Bangun suasana keluarga yang hangat

Selain itu tidak hanya didukung oleh makanan yang bergizi saja, akan tetapi kebutuhan seperti kehangatan keluarga juga harus ada dan Anda berikan.

Sebuah penelitian mengungkap bahwa suasana emosional yang stabil dan hangat sangatlah penting bagi perkembangan ketrampilan dan kognitif anak. Sebaliknya, anak-anak yang terbiasa dengan lingkungan keras maka akan memiliki resiko besar terhadap masalah ketrampilan.

3. Prioritaskan jam tidur anak

Sudah pasti kebutuhan tidur anak dan orang dewasa sangatlah berbeda. Bila jam tidur anak Anda kurang , maka kemungkinan anak Anda akan kehilangan kemampuan otak yang sangat berharga.

Karena tidur juga dapat mempengaruhi tingkat kognitif anak, termasuk tingkat perhatian, pemecahan masalah, memori, dan cara mengambil keputusan.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak dengan jam tidur yang kurang kemungkinan juga memiliki resiko berkelakuan buruk di sekolah dan juga mengalami kesulitan dalam konsentrasi menyerap pelajaran di kelas.

Baca Artikel Lainnya :

4. Biasakan anak untuk berolahraga

Ternyata untuk meningkatkan otak juga bisa didapatkan dari aktivitas fisik yang teratur. Berolahraga dengan rutin dapat meningkatkan kesehatan menyeluruh serta kemampuan fungsi otak.

Penelitian yang dilakukan oleh Medical College og Georgia di Augusta mengungkapkan bahwa ketika anak-anak yang mengalami kelebihan berat badan di saat usia 7 hingga 11 tahun dan melakukan olahraga 20-40 menit sehari dengan rutin ternyata mengalami perbaikan fungsi kognitif otak setelah melakukannya selama 13 minggu.

5. Mengakrabkan diri dengan alam

Tidak hanya itu saja cara lainnya yang juga bisa Anda lakukan adalah mengajak anak Anda untuk bermain di luar rumah.

Menghabiskan waktu di taman atau melakukan piknik kecil di pantai ternyata dapat meningkatkan fungsi otak anak Anda, terutama pad atingkat konsentrasi, perhatian, memori dan Kontrol impuls.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *