Bagaimana Cara Mengenali Penyebab dan Gejala Awal Hepatitis A?

Penyebab dan Gejala Awal Hepatitis A – Hepatitis menjadi salah satu penyakit yang banyak ditakuti oleh semua orang karena penyakit ini merupakan cikal bakal dari penyakit hati. Seperti yang kita ketahui hati merupakan salah satu organ penting yang memiliki peran vital dalam tubuh.

Untitled

Hati berfungsi sebagai penetral racun dan merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan di dalam tubuh. Makanan atau minuman yang kita konsumsi akan diurai dan sari- sari makanan diserap dengan mudah oleh tubuh dengan bantuan sistem pencernaani.

Apabila salah satu sistem pencernaan tersebut terganggu makan sari- sari makanan beserta nutrisinya tidak dapat diserap oleh tubuh dengan baik, salah satunya adalah organ hati tersebut.

Penyebab terjadinya peradangan hati disebabkan oleh virus yang menyerang dan menyebabkan terganggunya sel- sel yanga ada di dalam organ hati tersebut. Seseorang yang menderita penyakit hepatitis biasanya memiliki ciri- cirri warna kuning pada kulit yang meliputi semua anggota tubuh hingga ke mata.

Penderita juga biasanya akan merasa sangat lemas dan pusing hingga mual. Terdapat tiga jenis hepatitis yaitu hepatitis A, hepatitis B, dan hepatitis C.

Hepatitis A adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang biasanya berada pada kotoran si penderita. Penyakit ini lebih sering diderita oleh seseorang yang masih berada pada usia muda.

Padatnya aktivitas serta kurangnya menjaga pola hidup sehat dan bersih dapat menyebabkan virus cepat masuk kedalam tubuh dan berkembang biak. Saat tubuh tidak vita tau tidak benar- benar sehat virus ini akan menyebar dan merusak serta menginfeksi organ0 organ yang ada di dalam tubuh terutaman organ hati.

Penderita yang mengalami penyakit hepatitis A biasanya mengalami gejala mual, muntah, hingga mencret, nyeri pada abdomen, dan lama- kelamaan kulit diseluruh tubuhnya akan menguning.

Awalnya penderita akan sembuh dengan sendirinya setelah beristirahat dengan total serta berobat namun, kebanyakan setelah 6 bulan penyakit tesrebut akan muncul dan kambuh kembali tergantung dari pola hidup yang dijalani oleh si penderita.

Penyakit hepatitis A akan menular bagi orang lain baik melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi oleh virus hepatitis tersebut. Selain dari terkontaminasinya makanan atau minuman oleh virus tersebut, pengolahahan makanan yang kurang matang sempurna juga dapat menjadi penyebab virus muncul dan berkembang pada tubuh.

Oleh sebab itu menjaga tubuh agar tetap sehat serta menjaga lingkungan agar tetap bersih perlu sangat diperhatikan. Selain itu cara lain untuk menghindari masuknya virus hepatitis dalam tubuh sebaiknya dilakukan pula vaksinasi agar sistem imun dalam tubuh kita tetap terjaga dan tidak rentan terkena penyakit.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *