Bagaimana Cara Menghadapi Anak yang Sedang Jatuh Cinta

Tidak hanya seputar mainan, hal aneh lain yang dilakukan oleh yaitu jatuh cinta. Di satu sisi kejadian seperti ini akan membuat orang tua tertawa, namun di sisi lain akan menimbulkan situasi sulit bagi orang tua.

Jatuh cinta merupakan langkah bagus untuk anak dalam mengembangkan sifat kepeduliannya, tapi ini jika dilakukan dalam kondisi wajar. Peran ayah atau ibu sangat diperlukan dalam keadaan seperti ini.

r 143

Kebanyakan orang tua tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika menemui persoalan seperti ini. Mereka tidak tahu kemana harus mencari jawaban dari masalah anak yang sedang jatuh cinta. Pengetahuan menjadi dasar penting dalam mengatasi hal ini.

Yang terpenting, hindari rasa cemas jika sang anak sedang mengalami kondisi ini. Tidak perlu kuatir, karena ada banyak cara menghadapi anak yang sedang jatuh cinta.

  • Beri contoh melalui cerita

Bagi anak, kata-kata seorang ibu bagaikan penyejuk suasana. Alangkah baiknya jika menemui persoalan seperti ini orang tua dapat memberikan contoh yang baik. Salah satu cara yang bisa ditempuh yaitu dengan menggunakan perantara cerita.

Jika tidak menemukan cerita yang sesuai, gunakan buku atau tayangan film. Tentu saja peran orang tua sangat dibutuhkan dalam hal menemani anaknya menonton kemudian ajaklah sedikit berdiskusi tentang tayangan itu.

  • Tanamkan nilai sosial

Meskipun terlihat menggemaskan bagi orang tua, sebenarnya ini merupakan sebuah cobaan bagi sang anak. Imbasnya, orang tua juga yang dibuat repot.

Langkah bijak dalam menyikapi masalah ini adalah dengan menanamkan nilai-nilai sosial. Berikan penjelasan bahwa sifat kepedulian memang bagus untuk perkembangan afeksinya.

  • Ajari tentang batasan

Bagi orang tua yang tidak masalah dengan anaknya yang sedang jatuh cinta, solusi lain yang bisa diajarkan adalah mengajari sang anak tentang batasan.

Ajari sang anak tentang apa yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Kalau perlu, perjelas tentang batasan tersebut, misalnya tidak boleh melakukan kontak apapun dengan pasangannya.

  • Jangan bereaksi berlebihan

Umumnya orang tua akan panik dan bereaksi berlebihan ketika mendapati anaknya sedang kasmaran. Sikap seperti ini sebenarnya tidak tepat dalam menghadapi situasi seperti ini.

Baca Artikel Lainnya :

Sebaiknya, orang tua tetap tenang sehingga bisa berpikir dalam mengambil sikap. Selain itu, reaksi berlebihan justru dapat mengakibatkan efek tidak baik terhadap perkembangan psikologis anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *