Bagaimana Cara Menjaga Diet Saat Lebaran?

Memasuki akhir bulan Ramadhan biasanya beragam aktivitas persiapan perayaan idul fitri mulai dilakukan.

g 49

Hal yang paling menarik antusias penghuni rumah biasanya menyangkut hal menentukan menu utama di hari raya dan juga persiapan membuat atau membeli kue kering yang akan disajikan kepada kerabat serta handai taulan yang berkunjung untuk silaturahmi.

Yang paling diuji ketika lebaran tiba selain iman adalah selera makan. Beragam makanan akan disajikan saat lebaran, mulai dari makanan berat sampai makanan ringan.

Seakan semuanya telah dipersiapkan sedemikian rupa agar tampil dalam rupa yang menggiurkan juga dengan rasa yang teramat sulit untuk dipungkiri kelezatannya.

Lantas bagaimana dengan diet anda selama ini? Apakah akan dibiarkan buyar begitu saja? Saya sarankan agar anda sedikit menahan diri dalam hal ini. Berikut tips – tips yang biasa saya lakukan agar diet tetap terjaga di hari raya idul fitri:

  1. Tetap menanamkan mindset di kepala bahwa di hari tersebut kita masih berpuasa.
  2. Ketika rasa lapar menghampiri, mulailah dengan minum air putih sebanyak 2 gelas, diminum perlahan agar perut tidak terasa kembung
  3. Jauhkan diri anda dari meja makan, meja ruang tamu dan lemari penyimpanan kue juga lemari es.
  4. Perbanyaklah aktivitas berbincang dengan sanak family anda yang berkunjung ke rumah atau yang rumahnya anda kunjungi. Fokus pada percakapan, bukan kelezatan makanan.
  5. Setelah melakukan shalat dzhuru, sebaiknya anda tidur siang. Mengingat aktivitas dari pagi ke siang hari yang padat dengan menerima kunjungan dari saudara dan kerabat.
  6. Saat makan malam, makanlah sebelum jam 20.00, karena itulah jam terakhir sebelum tubuh memasuki fase istirahat dan organ tubuh memasuki fase mulai mencerna makanan.
  7. Mulailah untuk membiasakan diri agar makanan khas lebaran yang kta sajikan, kaya akan serat, mengandung banyak sayuran dan menggunakan bahan – bahan yang organic atau rendah kalori.
  8. Jika memang sudah tidak sanggup lagi untuk tidak makan, makanlah secara wajar, jangan berlebihan. Biasakan berdoa sebelum makan dan minta agar makanan yang masuk ke perut kita adalah makan yang mengenyangkan tanpa perlu terlalu banyak dimakan.

Selamat mencoba !!!

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *