Bagaimana Cara Merawat Baterai Handphone Agar Tidak Mudah Drop?

Memiliki handphone dengan baterai yang baik adalah keinginginan semua orang. Buat apa memiliki hape paling canggih tapi baterainya bermasalah. Sia-sia bukan?  Keluhan banyak orang akhir-akhir ini adalah mengenai masalah baterai pada handphone mereka.

Kondisi luar dan dalam handphone mereka sih fine fine aja. Tapi setelah diselidiki,ternyata penyebab hape mereka sering mati dan drop tanpa sebab adalah baterainya yang bermasalah. Kebiasaan dan gaya hidup yang kurang memperhatikan dan merawat handphone bisa membuatnya rusak lebih cepat.

o 70

Ciri dari baterai yang sudah tidak normal adalah bentuk fisiknya yang terlihat menggembung. Berikut ini kami akan membagikan bagaimana cara merawat baterai handphone agar tidak mudah drop.

Jangan menggunakan handphone saat di charge

Kondisi terbaik saat men Charge ponsel adalah shut down atau mati. Hal itu terjadi karena daya listrik yang disalurkan bisa maksimal masuk ke dalam baterai. Jika anda menggunakan ponsel anda untuk melakukan hal-hal berat seperti browsing,gaming,atau telepon saat di charge.

Maka daya yang masuk akan tidak maksimal dan akan membuat komponen hape itu bermasalah. Biarkan dahulu hape anda di charge dan jangan lakukan aktivitas apapun dengan ponsel anda bila sedang di charge.

Bersihkan baterai

Sesekali bersihkan baterai anda dengan kain halus dan kering terutama bagian kuningan. Membersihkan baterai secara teratur dapat membuat keadaan baterai bersih dan bebas dari partikel-partikel halus yang tak terlihat mata.

Jangan melakukan panggilan bila ponsel sedang di charge

Untuk yang satu ini perlu perhatian khusus. Melakukan panggilan saat ponsel dalam keadaan di charge selain dapat merusak baterai, ternyata juga dapat membahayakan. Radiasi ponsel saat di charge akan meningkat dan bila anda menggunakanya sambil menelpon,bisa-bisa hape anda akan meledak.

Hindari dulu melakukan panggilan telepon bila anda ingin selamat dan baterai anda tetap terawatt.

Pengisian sampai penuh

Disarankan untuk melakukan pengisian baterai ponsel sampai benar-benar penuh. Jangan keburu mencabut charger dari ponsel bila baterai belum 100 %.

Jika anda melakukan hal itu terlalu sering,baterai anda berpotensi kembung lebih cepat. Selain itu,mencabut charger sebelum baterai penuh dapat merusak charger itu sendiri. So,isilah dahulu daya baterai sampai penuh sebelum digunakan.

Jangan membiarkan ponsel lowbat parah

Segera charge ponsel anda bila baterai menunjukan 15 %. Mengisi baterai saat dalam keadaan lowbat terlalu sering dapat membuat baterai mudah panas dan akhirnya akan menggembung.

Baca Artikel Lainnya :

Jangan men Charge berlebihan

Kebanyakan orang saat ini adalah lupa mencabut charger bila ponsel sudah penuh. Yang lebih parahnya lagi,hal itu terjadi secara terus menerus. Entah itu karena ketiduran atau kelupaan. Melakukan pengisian baterai berlebih dapat membuat baterai tertekan dan akhirnya rusak atau tidak bisa berfungsi lagi.

Itulah beberapa cara-cara sederhana yang mudah diterapkan untuk merawat baterai ponsel anda agar tidak mudah drop. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *