Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia?

Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia? – Bagi para pecinta kucing, jenis kucing persia merupakan salah satu yang paling digemari disamping kucing anggora. Kucing jenis ini sangat disukai karena terlihat sangat lucu dan menggemaskan. Kucing persia sendiri juga masih dibagi ke dalam beberapa jenis lagi mulai dari persia hidung pesek sampai dengan persia bulu tebal.

sasa

Harga kucing persia sendiri juga terbilang lumayan mahal, tergantung warna, kebersihan, dan kecantikannya mulai dari ujung telinga hingga telapak kaki. Semakin bagus, lucu, dan terawat, harga kucing persia juga semakin tinggi.

Namun perawatan kucing yang satu ini juga tidak gampang. Ada hal-hal yang harus diperhatikan untuk menajaga kesehatan dan penampilan kucing yang satu ini. Berikut beberapa tata cara merawat kucing persia agar tetap sehat dan terlihat menarik.

  1. Jaga Kebersihan Kandang

Kucing persia menyukai tempat tinggal yang bersih. Oleh sebab itu usahakan untuk rutin membersihkan kandang tempat persia. Mulai dari membuang kotorannya sampai dengan mengepel agar terhindar dari bau dan kuman.

Kandang yang kotor juga bisa memicu penyakit dan menyerang kucing persia. Biasanya kucing akan mudah terserang penyakit apabila kebersihan kandangnya tidak terjaga dengan baik. Lakukan pembersihan kandang secara rutin. Khusus untuk pembersihan kotoran harus dilakukan setiap hari karena kucing persia akan membuang kotoran setiap hari.

  1. Sisir Bulu

Untuk membuat kucing persia terlihat bersih dan cantik. Lakukan penyisiran bulu-bulu kucing secara rutin. Hal ini selain dapat membuat bulu nampak lebih indah, juga bisa membuat kesehatan bulu-bulu kucing tetap terjaga.

  1. Lap Dengan Tissu Basah

Agar bulu kucing memiliki bau harum bisa dilap menggunakan tissu basah yang biasanya digunakan untuk bayi. Tissu basah bayi dipilih karena selain harum juga tidak akan menimbulkan alergi pada kucing karena sifatnya yang tidak terlalu keras dibanding tissu basah biasa.

  1. Bersihkan Mata Dan Kuping Kucing

Kucing persia memiliki kebiasaan selalu mengeluarkan kotoran dan air mata. Jadi usahakan untuk membersihkan mata kucing menggunakan tissu agat kucing tetap terlihat bersih. Gunakan cutton but untuk membersihkan kotoran di telinga kucing secara rutin seminggu sekali.

  1. Bersihkan Tempat Makan dan Minum

Selain membersihkan kandang secara teratur, usahakan untuk membersihkan tempat makan dan minum kucing. Hal ini bermanfaat untuk menjaga makanan kucing dari kuman yang bisa menyebabkan penyakit.

  1. Sediakan Mainan Kucing

Agar kucing terlihat aktif dan ceria, sediakan mainan seperti bola dan roda berputar. Hal ini bagus untuk menjaga mood kucing agar tetap baik.

  1. Mandikan Kucing Secara Rutin

Untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kucing persia, usahakan untuk memandikan kucing minimal dua minggu sekali. Gunakan shampo kusus kucing untuk menjaga kesehatan bulu-bulu kucing.

  1. Cukupi Makan dan Minum Kucing

Hal yang terpenting dalam merawat kucing adalah asupan nutrisi dari makanan kucing. Jadi usahakan untuk tetape mencukupi kebutuhan makanan dan minuman kucing agar kucing tetap sehat dan dapat berkembang dengan baik.

  1. Perhatikan Makanan Kucing

Saat ini banyak sekali pet shop yang menyediakan berbagai jenis makanan kucing. Makanan tersebut memiliki efek tersediri bagi kucing. Ada yang bisa membantu menumbuhkan bulu hingga mempercantik mata. Yang perlu diperhatikan adalah, jangan memberi makan kucing persia dengan ikan asin, karena ikan asin dapat merontokkan bulu kucing.

  1. Jemur Kucing di Pagi Hari

Terakhir adalah lakukan penjemuran kucing persia di pagi hari untuk menjaga kesehatannya.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Bagaimana Cara Merawat Kucing Persia?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *