Bagaimana Cara Pengobatan Bagi Seseorang Yang Terkena Toksokariasis?

Bagaimana Cara Pengobatan Bagi Seseorang Yang Terkena Toksokariasis? – Di negara berkembang seperti Indonesia, parasit toksokariasis memang sangat mudah berkembang.

Selain kondisi lingkungan yang masih belum begitu bersih, kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh maupun lingkungan, membuat parasit ini sangat mudah menular ke manusia.

cahaya

Toksokariasis sendiri merupakan penyakit atau infeksi yang disebabkan oleh cacing parasit nematode yang berasal dari genus toxocara.

Penyakit ini biasanya disebabkan oleh cacing toxocara canis pada anjing dan juga cacing toxocara cati pada kuning yang bisa berpindah kepada manusia lewat kontaminasi feses mereka.

Parasit ini apabila masuk ke dalam tubuh manusia bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan seperti peradangan, rusaknya jaringan pembuluh darah, hati, paru-paru, jantung bahkan otak terutama pada anak-anak yang sistem pertahanan tubuh mereka masih belum sempurna.

Gejala awal yang muncul ketika terkena parasit ini adalah demam dan batuk. Namun jika sudah berlanjut dapat berupa pembesaran hati dan limpa.

Untuk mengobati toksokariasis, ada beberapa obat yang bisa anda coba. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Albendazole

Cara mengobati dan membunuh parasit ini adalah dengan menggunakan obat cacing. Salah satu obat yang bisa di pakai untuk mengobati toksokariasis adalah albendazole.

Cara kerja albendazole adalah dengan mencegah cacing untuk menyerap gula yang menjadi sumber makanan utamanya.

Jika cacing-cacing tersebut kekurangan makanan maka lama-lama kelamaan akan mati. Akan tetapi obat ini memilii efek samping yaitu menimbulkan gangguan saluran pencernaan seperti mual, muntah dan diare.

  1. Mengkudu

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada, mengkudu atau pace ternyata berpotensi untuk mengobati toksoriasis.

Kandungan senyawa antihelmithik yang ada dalam mengkudu dapat membunuh dan mencegah perkembangan cacing toxocara yang merupakan cacing penyebab penyakit toksokariasis.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu, mengkudu juga lebih aman dan  tidak memiliki efek samping terhadap kesehatan kita.

Anda bisa mengkonsumsi buah mengkudu secara langsung untuk mengobati penyakit ini. Akan tetapi jika anda malam repot, saat ini juga sudah banyak produk obat yang terbuat dari ekstrak mengkudu.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *