Bagaimana Cara Praktis Mengatasi Radiator Kepanasan?

Bagaimana Cara Praktis Mengatasi Radiator Kepanasan? – Fungsi radiator merupakan media untuk mendinginkan cairan pendingin yang telah menjadi panas setelah beberapa waktu melalui saluran water jacket.

Konstruksi radiator pada umumnya terdiri  dari  upper tank (tangki atas), radiator core (inti radiator) dan lower tank (tangki bawah).

radiotor

Tangki atas (top tank) merupakan tangki air bagian atas (upper water tank) adalah sebuah komponen pada radiator yang berfungsi untuk menampung air yang sudah panas dari mesin.

Tangki ini dilengkapi dengan lubang pengisian dan saluran masuk air pendingin dari mesin. Lubang pengisian harus selalu ditutup dengan radiator cap (tutup radiator).

Radiator core merupakan inti radiator atau radiator core yang berfungsi untuk menyerap panas pada air pendingin yang telah panas, kemudian akan didinginkan oleh kipas dan udara luar yang timbul ketika mesin mobil sedang berjalan.

Inti radiator terdiri dari pipa – pipa air untuk mengalirkan air dari upper tank ke lower tank dan sirip pendingin yang berfungsi untuk membuang panas air yang berada pada pipa-pipa air.

Diketahui dua tipe inti radiator ( radiator core ), yaitu tipe plate ( flat fin type ) dan tipe lekukan (urrogated type).

Perbedaan antara kedua tipe ini adalah tergantung pada model sirip pendinginnya. Beberapa kendaraan modern memakai versi terbaru yaitu tipe lekukan sebagai bagian dari radiator tipe SR. Inti radiator tipe radiator SR memiliki susunan pipa tunggal (sinle row) sehingga bentuk keseluruhannya menjadi tipis dan ringan jika anda bandingkan dengan radiator yang biasa.

Tangki bawah (bottom tank/lower tank) merupakan tangki bawah (lower tank) yang berfungsi untuk menampung air yang telah didinginkan melalui kipas dan udara melalui inti radiator untuk selanjutnya disalurkan ke mesin-mesin melalui water pump.

Pada tangki bagian bawah dipasangkan saluran air yang akan berhubungan dengan pompa air dan saluran pembuangan atau drain cock yang memiliki fungsi untuk membuang air radiator ketika anda akan membersihkan atau menguras radiator.

Cara praktis mengatasi radiator kepanasan di jalan ?

Sebelum anda akan melakukan perjalanan jauh, alangkah bijaknya jika anda menyiapkan air bersih atau cairan pendingin radiator (radiator coolant) di dalam mobil untuk jaga-jaga.

Gejala radiator kepanasan meskipun merupakan masalah sepele, akan sangat mengganggu keamanan dan kenyamanan anda jika tiba-tiba terjadi kemacetan karena radiator mobil anda yang kepanasan.

Langkah awal apabila anda mengetahui bahwa indikator suhu di mesin mobil telah menunjukkan angka terlalu panas, maka segeralah tepikan mobil di tempat yang aman dan teduh, lalu matikan mesin mobil anda, kemudian buka kap mesinnya.

Setelah itu diamkan mobil terbuka kapnya selama sekitar satu jam atau kira-kira sampai air radiator tidak terlalu panas. Apabila dirasa air radiator sudah tidak terlalu panas, maka bukalah penutup radiatornya.

Jika anda memutuskan untuk melakukan perjalanan kembali apalagi menempuh jarak yang cukup jauh, maka periksa kembali indikator suhu mesin dengan lebih intensif selama anda dalam perjalanan.

Hal ini sangat bermanfaat jika kondisi seperti tersebut di atas dijaga terhadap kesehatan mobil anda terutama pada radiatornya.

Jika volume air radiator dirasa kurang, maka segera tambahkan air bersih atau cairan pendingin radiator.

Baca Artikel Lainnya : Ketahui Tentang Penyebab AC Mobil Panas Dan Masalah AC Mobil Tidak Mudah Dingin

Apabila anda merasa ada beberapa hal yang berkaitan dengan radiator mobil dan membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut, maka disarankan sebaiknya segeralah berhenti di bengkel resmi terdekat atau meminta bantuan kepada mekanik untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Demikian info dari kami, semoga bermanfaat !!

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Bagaimana Cara Praktis Mengatasi Radiator Kepanasan?

  1. fach

    sangat bermanfaat bro…!

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *