Bagaimana Cara Sehat Dalam Memasak Sayuran Hijau

Sayuran walaup Nampak sederhana dpandang mata, namun butuh penanganan khusus dalam proses mesmasaknya. Ada beberapa metode memasak sayuran, namun sebelum proses memasak dimulai ada hal yang lebih penting untuk dilakukan yaitu mencuci sayuran di abwah air mengalir.

e 61

Mencuci sayu di bawah air yang mengalir lebih baik digunakan daripada merendam sayur dengan wadah berisi air. Alsananya adalah jika mencuci dengan air mengalir, kotoran, bakteri dan segala hal yang tidak layak termakan bisa langsung larut terbawa air.

Sementara jika proses pencucian dilakukan dengan cara merendam dalam wadah berisi air, hal ini menyebabkan kotoran akan kembali menempel di sayuran karena tidak adanya proses sirkulasi air.

Langkah selanjutnya adalah memasak, apa saja meode memasak yang dapat digunakan untuk sayuran?

1. Merebus

Hampir semua jenis sayur dapat dimasak melalui proses merebus.

2. Memanggang

Ada beberapa contoh sayur yang dapat dimasak melalui proses memanggang, yaitu kentang, brokoli, bawang bombay, paprika dan tomat.

3. Menumis

Memasak dengan cara menumis biasanya dilakukan untuk sayur seperti sawi, kangkung, dan lain sebagainya. Ketika menumis biasanya bumbu terlebih dahulu di goreng menggunakan sedikit minya.

Jika ingin lebih sehat kita dapat mengganti minyak goreng biasa dengan minyak jagung atau minyak biji anggur. Kemudian bahan tersebut akan dicampur dengan air bila saatnya tiba.

4. Memasak tanpa air ataupun minyak

Memasak sayur dengan cara seperti ini biasanya dilakukan untuk sayur yang memiliki kandungan air tinggi seperti labu siam dan sawi putih. Seiring semakin panasnya wajan, semakin keluarlah air yang ada di dalam sayur tersebut.

Baca Artikel Lainnya :

Selain keempat cara sehat memasak sayur hijau di atas, adalagi cara terakhir yang sederhana, yaitu memakan sayur tanpa proses memasak, atau yang akhir – kahir ini marak diperbincangkan adalah dengan cara, raw food.

Sayur mentah yang telah melewati proses pencucian yang detail dan seksama, langsung dikonsumsi. Proses pembubumbuannya biasanya sederhana, contohnya : selada, timun dan wortel (parut tipis timun dan wortel) ditaruh dalam wadah, kemudian siapkan dressing berupa perasan jeruk lemon, olive oil dan sedikit gula dan garam, jadilah menu salad sehat dan menyegarkan untuk anda nikmati.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *