Bagaimana Memulai Bisnis Warnet dan Games Online

Bisnis warnet dan game online dapat dikatakan sebagai salah satu bisnis yang menjanjikan. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang terkadang menggunakan warnet untuk melakukan browsing ketika internet yang dimiliki sedang tidak berfungsi.

Dan banyaknya orang yang menyukai game online dan menggunakan warnet untuk bermain. Salah satu hambatan yaitu sudah banyaknya orang yang menggunakan modem atau menggunakan fasilitas internet yang disediakan oleh beberapa provider.

q 131

Sebelum membangun bisnis warnet dan games online, ada baiknya calon pebisnis ini memperhatikan beberapa hal, diantaranya:

  • Perencanaan biaya secara matang.
  • Memperhatikan tempat dan kondisi lingkungan tempat warnet akan dibangun termasuk keamanan.
  • Mendesain tempat yang akan digunakan dan membedakan tempat no smoking area dengan smoking area untuk menambah kenyamanan.
  • Menginstalasi listrik dengan kabel berkualitas khususnya kabel tembaga untuk memberikan kelancaran arus listrik terutama ketika arus besar. Dan penggunaan kabel berisi 3 (hitam, biru, kuning). Gunakan MCB untuk mempermudah pembagian arus listrik ke client.
  • Menginstalasi jaringan networking. Disarankan menggunakan modem ADSL untuk menjaga kecepatan dan kestabilan dan menggunakan kabel LAN dan Jack RJ-45 untuk kestabilan koneksi dari server ke client.
  • Merakit dan menginstal komputer.
  • Memasang billing atau software untuk mempermudah perhitungan dalam pembayaran rental sesuai waktu pemakaian. Hal ini dilakukan untuk memantau dan mengawasi keuangan dan mencegah tangan-tangan jahil yang berbuat curang dan merugikan.

Warnet dan game online dibagi menjadi tiga berdasarkan pada tingkat pendapatan yang dihasilkan, yaitu:

  1. Warnet ramai yaitu dengan penghasilan diatas Rp 500.000 per hari.
  2. Warnet biasa dengan tingkat pendapatan sekitar Rp 350.000 hingga Rp 500.000 per hari.
  3. Dan warnet sepi dengan jumlah pendapatan yang diterima berkisar antara Rp 150.000 sampai Rp 350.000 per hari

Yang harus diperhatikan dari pembukaan warnet dan game online diantaranya yaitu tentang pelayanan yang diberikan dan juga jam pembatasan pemakaian.

Baca Artikel Lainnya :

Perlunya pembatasan waktu minimal dan maksimal untuk anak sekolah atau yang ingin menggunakannya terutama untuk game online. Karena, Anda tidak ingin kan jika harus diprotes warga sekitar karena membiarkan anak bermain tanpa kenal waktu?

 

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *