Bagaimana Nasib Hutan Kita?

Bagaimana Nasib Hutan Kita?Pernahkah terbesit di fikiran Anda tentang nasib hutan yang di miliki oleh Indonesia beberapa tahun lagi? Jika ia, pasti bayangan Anda sangat mengenaskan, namun hal tersebut bukan hanya menjadi sebuah bayangan, bisa saja menjadi kenyataan.

Untitled

Mengingat kerusakan yang sangat parah yang di alami oleh hutan Kita. Padahal Kita tidak dapat memungkiri jika hutan memiliki peran yang besar untuk kelangsungan hidup Kita.

Seberapa parah kerusakan hutan kita?

Bila harus berbicara tentang kenyataan, tentu hal yang mencengangkan akan mudah sekali Kita temui. Para peneliti mengatakan, kurang lebih ada 840 ribu hektar setiap tahunnya Indonesia mengalami kehilangan hutan, padahal seperti yang Kita ketahui, Indonesia sangat kaya akan keanekaragaman hayati, bahkan 10% tanaman yang berada di dunia hidup di Indonesia, hilangnya hutan ini memang sebagian besar ialah akibat dari ulah manusia. terutama penebangan pohon yang dilakukan sangat intensif.

Sebenarnya apa alasan penebangan hutan?

Beberapa alasan tentu saja bersifat keuntungan komersial, Beberapa alasan dilakukannya penebangan hutan antara lain:

  1. Konstruksi untuk perkotaan, hutan-hutan yang ditebangi tentu akan di ambil manfaatnya seperti kayu yang akan di gunakan untuk bahan bangunan, selain itu perluasan lahan ini juga di gunakan untuk membangun rumah, mengingat semakin banyaknya penduduk namun jumlah lahan tetap,
  2. Tujuan komersial, tujuan ini lebih bersifat individualis, karena hutan-hutan sengaja di bersihkan kemudian mereka memanfaatkan lahan bekas hutan digunakan untuk pertambangan atau mengebor minyak,
  3. Pertanian, beberapa hutan memang sengaja di bersihkan untuk mengalih fungsikannya menjadi lahan pertanian.

Apa dampak pembalakan ini?

Tentu saja dampaknya tidak hanya mencakup keaneragaman flora yang tinggal di hutan, namun fauna yang juga hidup di sana, mereka yang merasa kehilangan tempat tinggal tentu akan merangsek masuk ke pemukiman warga, maka dari itu sering Kita temukan hewan-hewan yang masuk ke dalam pemukiman penduduk.

Selain hal tersebut, berkurangnya jumlah hutan tentu akan semakin memperparah globalisasi. Dampak negative yang lain seperti banjir, pencemaran udara, longsor serta gangguan ekosistem yang menyebabkan kepunahan di Indonesia.

Bagaimana cara menanggulanginya?

Tentu tidak ada kata terlambat, hutan di Indonesia masih tetap bisa di perbaiki. Hanya saja di perlukan kerjasama yang kuat antara pemerintah serta penduduk. Beberapa cara menanggulanginya ialah:

  • Menanamkan pentingnya hutan sejak di bangku sekolah, seperti pentingnya hutan, manfaat hutan, dan dampak yang bisa terjadi jika hutan terus ditebangi,
  • Sosial masyarakat tentang hokum yang berlaku di Indonesia tentang pembalakan hutan,
  • Terus intensif melakukan reboisasi di beberapa titik yang sangat parah,
  • Melakukan pengawasan secara bersama-sama tentang hukum, serta sangsi pidana,
  • Memberikan larangan keras pembalakan liar dengan alasan apapun,
  • Lebih memperketat pengawasan di area atau titik hutan yang masih lestari.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *