Bagaimana Penggunaan DNA Makhluk Hidup

Selama ini kita cukup mengenal bahwa didalam tubuh tiap manusia mengandung DNA, dan DNA inilah yang nantinya menjadi pembeda antara satu orang dengan yang lainnnya. Dalam beberapa tayangan yang ada televisi mungkin sudah tak terlalu awal lagi bahwa tes DNA juga bermanfaat untuk melihat hubungan kekerabatan, yaitu antara orang tua dan anaknya.

fia 58

Ini menunjukkan bahwa setiap keturunan memang memiliki DNA yang serupa, namun tidak sama hingga 100%, mengingat dalam proses pembentukannya dikenal dengan adanya mutasi dalam tubuh.

Dari katanya sendiri DNA merupakan sebuah singkatan dari asam deoksiribonukreat, ternyata instruksi cetak biru yang satu ini tak hanya ditemukan dalam diri manusia saja, melainkan juga ada pada tumbuhan dan hewan, untaian dari DNA sendiri pada dasarnya terlihat seperti sebuah tangga yang dipilih, bagian luarnya berwarna biru, hal inilah yang menyebabkan DNA juga disebut sebagai cetak biru, dalam DNA ini tersimpan kromosom, tempatnya juga mengapung di dalam sebuah cairan sitoplasma .

DNA ini memiliki peran yang sangat penting bagi makhluk hidup karena pada dasarnya cetak biru digunakan untuk membagi diri mereka, dari yang mulanya satu menjadi 2, 4 dan seterusnya hingga ada jutaan di dalam tubuh manusia, bahkan dalam kuku maupun rambut sekalipun. Tak jarang jika 2 bagian ini juga sangat berperan untuk melakukan pengetesan kekerabatan.

Namun sebagaimana yang telah dijelaskan tadi bahwa tak ada yang sama hingga 100% bahkan meskipun dari orang tua sendiri, hal ini akibat adanya mutasi, mutasi berperan penting terhadap evolusi yang terjadi juga seleksi alam, siapa yang paling kuat maka dialah yang akan bertahan.

Lalu yang menjadi satu pertanyaan besar, untuk apa sebenarnya DNA digunakan atau apa peran pentingnya, tentunya untuk kehidupan manusia sendiri, DNA sendiri mengandung beberapa struktur penting yaitu:

  • Analisis DNA manusia, DNA dikenal juga sebagai alat pengkodean dimana di dalamnya tercetak berjuta coding yang membedakan antara satu individu dengan yang lainnya, dari 23 pasang kromosom yang dimiliki oleh manusia semuanya mengandung berjuta code.
  • Basa, basa dikenal juga sebagai bahan yang bertolak belakang dari asam, merupakan salah satu bahan penting yang berperan dalam penyusunan DNA manusia, sebenarnya ada 4 bagian yang sangat penting di dalam sebuah DNA, yaitu adenin, guanin, sitosin dan timin, model-model yang disingkat dalam sebuah kode yaitu A, G, C, T, nantinya dari keempat bagian ini akan di transkripsi ke dalam RNA.
  • Gula, tulang punggung molekul DNA tersusun atas gula, gula lima karbon, diantaranya adalah ribosa dan deoksiribosa, dari sini nantinya ada nomor yang berbeda-beda. Penomoran tersebut memiliki sebuah fungsi penting yaitu untuk menentukan dimana asam basa
  • Fosfat, selain ada basa dan juga gula ada fosfat di dalam DNA, berfungsi untuk mengikat gula yang ada dalam ikatan 3 dan juga 5, fosfat tersebut membuat ikatan DNA yang ada di dalamnya bersifat negatif. Karena ikatan yang ada di dalamnya merupakan ikatan ester sehingga dikenal juga dengan nama fotodiester.
  • Anti paralel, setidaknya ada 2 untaian DNA yang bersifat anti paralel atau yang dikenal juga ada fosfat yang membuntuti satu ujung dengan ujung yang lainnya, anti paralel menciptakan satu untaian kompelenter dimana setiap sat untai DNA akan menciptakan ikatan helix.

Ternyata ada banyak bagian yang membentuk sebuah DNA dan dari masing-masing bagiannya memiliki fungsi penting bagi manusia.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *