Bagaimana Proses Reproduksi Bakteri?

Bagaimana Proses Reproduksi Bakteri? – Bakteri, mereka melakukan reproduksi dengan cara biner, cara biner I ni akan mengakibatkan 1 bakteri membelah jadi 2, dari 2 jadi 4 dan seterusnya. Bakteri ini akan membelah sesuai dengan kelipatannya.

a

Waktu yang di butuhkan untuk pembelahan diri ini sangat singkat haya dalam waktu 15 hingga 20 menit. Oleh sebab itu, hanya dalam 1 hari saja, ia dapat berjumlah jutaan. Selain menggunakan cara biner ini, bakteri akan berkembangbiak menggunakan cara seksual secara rekombinasi gen. Apa itu rekombinasi gen? ia adalah peristiwa tercampurnya sebagian atau lebih materi gen serta dua sel bakteri yang sangat berbeda, sehingga menghasilkan DNA rekombinasi gen. Rekombinasi ini dibedakan dalam 3 cara. Berikut 3 cara tersebut:

Transformasi

Transformasi ialah rekombinasi gen yang bisa terjadi dengan cara pengambilan langsung sebagian dari materi gen pada bakteri lain. Pengambilan langsung ini dilakukan oleh salah satu sel bakteri. Pada teknologi rekayasa gen, bakteri ini tidak mampu melakukan tranformasi dengan cara alamiah dapat dipaksa menangkap serta memasukkan satu plasmid rekombinan ke dalam sel dengan cara pemberian kalsium kiorida.

Contoh bakteri yang strains kompeten ialah Haemopphilus, Pseudomonas, Streptococcuc pneumonia, Bacillus. Proses transformasi pada bakteri ialah ADN donor yang ditarik sel penerima, kemudian ADN donor terpisah 2 bagian, dan ADN penerima sebagian ini akan terlepas dengan tanda meninggalkan tempatnya, saat itu pula ADN ini akan bergerak untuk mengganti tempat dari ADN penerima yang ditinggalkan tersebut. Hasil dari proses ini ialah ADN rekombinan dari hasil hybrid antara donor serta penerima.

Konjugasi

Kelemahan dari reproduksi aseksual ini ialah ia mampu menjadi identik dengan cara genetik mereka akan rentan dengan faktor lingkungan sama, dan untuk mengatasi hal tersebut, metode konjugasi pun di gunakan.

Metode ini terjadi dengan cara kontak langsung pada sel pendonir dengan sel penerima yang digunakan untuk memindahkan bahan-bahan genetik dan ketika mereka melakukan konjugasi ini, bakteri akan memanfaatkan struktur yang sering di sebut dengan ”pilus”, struktur ini dipergunakan untuk mentransfer gen.

Perbedaan system konjugasi dengan transformsi ialah, bahan genetic dipindahkan dengan proses yang lebih panjang. Proses ini juga hanya bisa dilakukan oleh bakteri yang memiliki gran negatif seperti: Shigella, Escherichia, Preudomonas aeruginea, Salmonella.

Transduksi

Sistem reproduksi ini memang terlihat begitu langka. Transduksi ini mampu terjadi dengan cara tanpa adanya kontak, namun menggunakan virus . Virus ini akan menjadi materi perantara jika virus tersebut hidup di inang bakteri.

Jika suatu virus menginfeksi salah satu bakteri, dan virus tersebut juga menginfeksi bakteri yang lain, maka akan terjadi rekombinasi gen. Virus ini akan memanfaatkan enzim yang berada di dalam sel kemudian melisiskan atau membelah bakteri.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

3 thoughts on “Bagaimana Proses Reproduksi Bakteri?

  1. Pingback: Jenis dan Macam Ilmu Biologi dan Cabangnya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Penggolongan Bakteri dan Jenisnya | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  3. Pingback: Mengenal Struktur Bakteri Secara Khusus | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *