Bagaimana Sikap Orang tua Dalam Menghadapi anaknya yang sedang Mengalami Puber? Ini Dia Caranya

Anak merupakan karunia Tuhan sebagai titipan untuk dibesarkan menjadi anak yang baik. Tentunya menjaga anak merupakan tanggung jawab sebagai orang tua seberapapun sulitnya anak untuk diayomi.

j 77

Biasanya kenakalan anak mulai bertumbuh saat sudah memasuki fase puber. Fase ini biasa dimulai saat anak perempuan sudah menganjak ke usia 10 – 14 tahun dan anak laki – laki 11 – 15 tahun. Namun, jaman sekarang masa puber sudah muncul pada usia yang lebih dini dan dianggap sebagai perkembangan yang normal.

Pada fase inilah orangtua mulai menghadapi dilema. Orang tua seringkali kebingungan untuk memberikan penjelasan tentang anaknya yang sedang haid, atau pengalaman mimpi basah anak laki – laki. Untuk itu ada beberapa tips bagaimana anda harus bersikap saat menghadapi anak yang sedang puber.

  • Komunikasikan dengan baik.

Orang tua disarankan untuk mulai membicarakan masalah puber kepada anak sejak usia 6 tahun. Komunikasikan hal tersebut dengan bahasa yang dimengerti oleh anak dan jadikan pembicaraan sebagai pengetahuan ilmiah agar anak anda tidak kaget tentang apa yang akan dihadapinya.

Biasakan untuk mengkomunikasikan secara rutin supaya bisa lebih dimengerti oleh anak dengan baik. Saat ini sudah banyak buku – buku tentang pengenalan organ tubuh secara menarik dan ilmiah.

  • Beritahukan tentang masalah puber yang sedang dialaminya.

Jika anda memiliki seorang anak perempuan pasti akan mengalami fase haid. Untuk itu jangan takut memberitahukan apa yang sedang terjadi dan bagaimana cara mengatasinya. Perkenalkan alat pembalut dan strategi untuk menggunakannya.

  • Cobalah untuk memberitahu bagaiman pubertas laki – laki dan perempuan kepada anak anda.

Perkenalkan kepada anak perempuan pubertas kepada anak laki – laki dan sebaliknya perkenalkan juga bagiamana pubertas anak laki – laki. Hal ini dapat memberikan pengertian dan anak sudah siap mental tentang pubertas.

  • Posisikan diri anda sebagai kawan.

Anak yang sedang puber biasanya menyimpan begitu banyak rahasia. Untuk itu jadikanlah diri anda sebagai kawan mereka supaya anda dapat menjadi tempat untuk berkeluh kesah mereka.

Baca Artikel Lainnya :

  • Menghargai anak.

Anak yang sedang puber biasanya ingin lebih dihargai. Untuk itu janganlah menjadi orang tua yang mempunyai sifat dominan sehingga anak akan merasa tidak dihargai.

Cobalah untuk terkadang mendengarkan pendapat mereka dan mengikutinya. Tentunya hal ini akan membuat anda lebih senang kepada anda.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *