Bagian dan Struktur Pembentuk Sel Hewan dan Fungsinya

Bagian dan Struktur Pembentuk Sel Hewan dan Fungsinya – Hewan merupakan salah satu makhluk hidup selain manusia dan tumbuhan yang ada di dunia. Hewan terdiri dari berbagai klasifikasi atau pengelompokan yang beragam dan berbeda-beda. Setiap klasifikasi hewan memiliki karakter dan keunikan yang beragam. Pada dasarnya, hewan juga mempunyai susunan sel yang berbeda dengan makhluk lainnya. Namun secara garis besar, struktur bagian pembentuk sel hewan hampir mirip dengan bagian-bagian pembentuk sel dari makhluk hidup yang lain. Dan tentu saja masing-masing bagian pembentuk sel hewan memiliki fungsi dan tugas yang berbeda dan berkaitan satu sama lain.

a

Struktur pembentuk sel hewan

Sel hewan dibentuk dari tiga bagian struktur yang sangat penting dalam menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing. Bagian tersebut terdiri dari membrane sel, protoplasma dan juga inti sel atau disebut juga dengan nucleus yang punya peranan berbeda satu sama lain. Ketiga struktur tersebut terdiri dari beberapa zat, diantaranya yaitu lemak, karbohidrat, air, elektrolit dan juga protein. Bagian-bagian penyusun sel tersebut sangatlah penting dan mempunyai fungsi yang sangat berbeda satu sama lainnya dalam membentuk kesempurnaan di dalam sebuah sel pada suatu organisme hewan.

Bagian pembentuk sel hewan

Berikut ini beberapa bagian atau organel pembentuk sel hewan yang perlu anda ketahui, antara lain:

Mitokondria merupakan bagian sel hewan yang dijadikan sebagai tempat pembentukan energy. Apabila mitokondria yang terdapat dalam sel hewan semakin banyak, maka semakin besar pula energy yang dihasilkan oleh sel tersebut.

Ribosom merupakan organel sel hewan yang berbentuk menyerupai butiran-butiran kecil yang dijadikan sebagai tempat terjadinya proses sintesis protein.

  1. Reticulum endoplasma.

Bagian yang satu ini merupakan saluran yang terdapat di dalam sel hewan. Saluran tersebut berfungsi untuk membantu proses metabolisme protein, lemak dan juga karbohidrat di dalam sel.

  1. Badan golgi.

Badan golgi merupakan salah satu organel yang berfungsi untuk membantu proses sintesis protein di dalam sel hewan.

Lisosom ialah bagian sel hewan yang berbentuk kantong kecil dan memiliki membrane tunggal yang berfungsi untuk membantu proses regenerasi berbagai bagian sel yang telah rusak.

Selain beberapa bagian sel hewan yang disebutkan tadi, masih ada lagi bagian sel yang tidak kalah penting, yaitu sentrosom, dinding sel, membrane sel, sitoplasma dan lain sebagainya. Diantara sekian banyak bagian sel yang sudah dijelaskan tersebut, bagian terpenting di dalam suatu sel hewan terletak pada nucleus, yaitu bagian inti dan pengendali setiap aktivitas metabolisme di dalam sel. Ada pula bagian vakuola yang tidak kalah penting sebagai bagian sel yang bertugas untuk menyimpan bahan makanan dan setiap hasil metabolisme yang sudah dilakukan di dalam sel tersebut. Namun yang pasti, setiap bagian sel berkaitan satu sama lain sebagai suatu kesatuan sel yang sangat penting.

Baca Artikel lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

2 thoughts on “Bagian dan Struktur Pembentuk Sel Hewan dan Fungsinya

  1. Pingback: Mengenal Penyusun dan Sifat Membran Sel | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

  2. Pingback: Fungsi dan Struktur dari Mitokondria | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *