Bagian Organ-Organ Pencernaan dan Fungsinya

Manusia merupakan mahluk hidup yang sangat luar biasa diciptakan Tuhan dengan berbagai organ-organ tubuh yang sempurna. Untuk menjalankan fungsi tubuh agar maksimal maka setiap bagian tersebut harus berfungsi masing-masing.

Bagian-bagian tubuh tersebut lah yang kita sebut dengan sistem organ, yang salah satu dari sekian banyaknya adalah sistem organ pencernaan. Sistem pencernaan terdiri dari organ-organ yang akan membantu dalam penyerapan nutrisi dari makanan yang dicerna.

q 173

Proses tersebut akan melakukan pemecahan partikel-partikel makanan yang sangat kompleks menjadi bentuk yang lebih sederhana lagi, baik secara kimiawi maupun secara mekanis.

Sistem pencernaan manusia dapat melakukan proses yang sangat kompleks yakni pemecahan sebuah massa organik besar menjadi partikel-partikel zat jauh lebih kecil yang dapat memudahkan tubuh dalam menjalankan fungsinya, serta sebagai energi.

Pemecahan tersebut dibantu oleh berbagai enzim yang akan disekresikan dari sel-sel pada mulut, usus, hati, dan perut.

Pencernaan manusia dibantu oleh organ-organ berikut ini, yaitu mulut, kerongkongan, menuju lambung, usus, dan bermuara pada hati sebelum dikeluarkan oleh anus. Organ-organ tersebut akan bertanggung jawab untuk proses pelepasan energi agar dapat berfungsi secara normal.

Berikut penjelasan lebih detail mengenai orgtan-organ pencernaan beserta fungsinya, antara lain:

  1. Mulut

Merupakan organ pertama dimana makanan yang dimakan masuk kedalam tubuh. Organ ini akan bertanggung jawab untuk memproses makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk lebih mudah dicerna pada proses selanjutnya. Proses tersebut dibantu oleh sub organ yakni gigi, lidah dan air liur dan enzim amilase.

  1. Faring

Merupakan bagian yang terdapat diatas kerongkongan yang biasanya disebut dengan istilah tekak atau tenggorokan. Makanan dari mulut akan melewati tenggorokan menuju bagian esofagus sebelum akhirnya menuju pada lambung untuk melakukan proses selanjutnya.

  1. Lambung

Didalam lambung makanan tersebut akan dicerna dengan cara mensekresi cairan asam pada pencernaan yang akan bersatu dengan makanan yang telah diproses pada proses sebelumnya. enzim yang berperan dilambung adalah pepsinogen.

  1. Usus

Usus yang melakukan pencernaan ada dua yakni usus halus dan usus besar. Enzim-enzim yang mencerna makanan pada usus antara lain, laktase, amilase, sukrase, dan maltase, serta lipase yang mencerna lemak.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Hati

Didalam hati selanjutnya akan diroses untuk metabolisme asam amino serta hati akan menyerap sisa-sisa zat yang sudah tidak diperlukan kembali oleh tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *