Bagian Tubuh Yang Menakjubkan Menurut Para Pakar

Bagian Tubuh Yang Menakjubkan Menurut Para pakar – Tubuh manusia diciptakan dengan sangat sempurna oleh Tuhan, sang pencipta. Setiap bagian tubuh manusia memiliki fungsi yang menakjubkan.

Sehingga kita bisa beraktivitas dengan baik. Bayangkan, betapa banyak kegiatan yang kita lakukan dengan tubuh kita. Jika tubuh kita tidak memiliki keistemewaan, tentu tidak akan kuat bertahan.

3

Menurut ilmuwan, tubuh manusia itu memiliki beberapa bagian yang menakjubkan. Berikut ini beberapa bagian tubuh yang menakjubkan menurut pakar, disarikan dari beberapa sumber.

  1. Rambut

Rambut yang berfungsi melindungi kulit kepala manusia ini ternyata memiliki kekuatan yang luar biasa.

Sebab, walaupun rambut sering mengalami masalah kerontokan, ketombe dan beruban, ternyata rambut merupakan organ tubuh yang paling lama bertahan. Segala macam perubahan cuaca, suhu, zat asam dan zat kimia lainnya tidak dapat menghancurkan rambut. Seperti yang terjadi pada mummi.

Walaupun sudah ratusan bahkan ribuan tahun meninggal, rambutnya masih tetap ada. Namun ada satu yang bisa menghancurkan rambut, yaitu api. Ini disebabkan karena struktur rambut yang mengandung bahan karbon, yang mudah terbakar.

  1. Tulang

Menurut hasil penelitian ilmuwan tulang atau ortopedi, satu blok tulang manusia sebesar batang korek api, bisa menahan beban hingga 9 ton. Lalu bagaimana dengan istilah “patah tulang” yang sering kita dengar? Padahal kenyataan tulang manusia memiliki kekuatan yang luar biasa.

  1. Lambung Yang Bisa Menetralisir Asam

Sering mendengar istilah asam lambung, bukan? Zat asam ini dihasilkan oleh lambung saat menghancurkan makanan yang masuk ke dalam lambung.

Namun hebatnya, tidak ikut menghancurkan dinding lambung. Padahal zat asam ini bisa menghancurkan besi. Ini terjadi karena lambung bisa langsung memperbaharui dirinya dengan cepat, sehingga zat asam tidak sempat mengenai dinding lambung.

  1. Ginjal Sebagai Penyaring

Ginjal merupakan organ tubuh yang sangat penting bagi tubuh. Oleh karena ginjal memiliki fungsi sebagai penyaring semua zat racun yang masuk ke tubuh manusia.

Tubuh manusia memiliki sepasang ginjal, yang memiliki masing-masing satu juta penyaring. Artinya tubuh manusia memiliki dua juta penyaring yang bertugas menyaring 1,3 liter darah setiap menitnya.

Dan menghasilkan 1,4 liter urine setiap hari. Jika fungsi ginjal ini terganggu, maka proses filterisasi pun mengalami gangguan, yang bisa menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh. Makin banyak racun yang ditumpuk, bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang serius pada tubuh manusia.

Oleh sebab itu, jika fungsi ginjal sudah terganggu, maka harus melakukan tindakan cuci darah yang cukup memakan biaya.

  1. Sel Yang Selalu Berganti

Setiap 1 menit, tubuh manusia akan kehilangan 300.000.000 sel di tubuhnya. Sebuah fakta yang mengerikan, bukan? Tetapi, hebatnya kematian sel-sel ini tidak menyebabkan manusia membusuk. Mengapa? Oleh karena pertumbuhan sel-sel tersebut mencapai 10 hingga 50 trilyun setiap harinya.

  1. Sistem Keseimbangan

Sebenarnya manusia tinggal di bumi ini berada dalam tekanan atmosfir milyaran ton beratnya. Namun dengan sistem keseimbangan yang ada dalam tubuh, hal tersebut tidak terasa sama sekali. Sama halnya dengan ikan guppy yang berada di kedalaman 10.000 m di bawah laut.

Ia bisa berenang mondar-mandir tanpa merasakan tekanan air laut. Padahal sebuah kapal selam bisa meledak dengan tekanan sebesar itu.

  1. Paru-paru

Paru-paru manusia yang berfungsi sebagai alat pernafasan ternyata terdiri dari pembuluh-pembuluh darah kecil, yang disebut dengan kapiler. Menurut para ilmuwan, dalam paru-paru ini didapati 300 juta kapiler. Yang kalau disatukan, panjangnya bisa mencapai 1.500 mil.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *