Bahan Organik Sebagai Sumber Hara Bagi Organisme Tanah

Bahan Organik Sebagai Sumber Hara Bagi Organisme Tanah – Hasil dari sebuah proses kimiawi dalam tanah adalah diperolehnya kesuburan tanah karena pengaruh atau unsur kimia yang terdapat dalam tanah dapat dimaksimalkan secara penuh. Unsur-unsir kimia yang terdapat dalam tanah ini sering dirangsang oleh manusia guna mendapatkan proses kimiawi dari tanah yang maksimal. Proses perangsangan ini biasanya diberikan melalui bahan organik yang berasal dari alam maupun non organik yang merupakan hasil buatan manusia itu sendiri. Bahan organik sangat menjadi prioritas saat ini, karena disamping berguna bagi kesuburan tanah, namun bahan organik sebagai sumber hara bagi organisme tanah juga mampu memelihara organisme yang ada pada tanah.

ik

Salah satu contoh bagaimana bahan organik sebagai sumber hara bagi organisme tanah adalah melalui pemberian pupuk organik pada tanah sebagai media tanam. Bahan atau unsur alami yang terkandung dalam pupuk ataupun bahan organik mampu meningkatkan kapasitas tukar kation sehingga menjadi 30 kali lebih besar daripada biasanya. Hal ini sama saja dengan 90% dari kekuatan jerap suatu tanah mineral. Penyebabnya tidak lain adalah proses pelapukan yang terjadi dalam tanah oleh mikro organisme yang ada akan menghasilkan humus yang mampu menyimpan pupuk maupun kadar air dalam tanah.

Disamping itu, apabila kita mampu meneliti lebih lanjut maka akan dapat diperoleh kesimpulan bahwa sebenarnya bahan organik sebagai sumber hara bagi organisme tanah sangat berkaitan dengan perkembangan dan keanekaragaman jenis organisme yang akan hidup dan beraktivitas dalam tanah. Selain itu fungsi bahan organik ini bagi tanah adalah mampu meningkatkan :

  1. Efektivitas proses pelapukan serta dekomposisi tanah karena pengaruh kimia tanah seperti kemasaman atau sering disebut ph tanah yang ideal;
  2. Efisiensinya penggunaan pupuk karena pupuk dengan bahan organik tidak akan mudah larut akibat adanya air hujan. Hal ini disebabkan ikatan antara mikroorganisme dengan nutrien yang ada dalam bahan organik terjadi dengan kuat.

Selain fungsi untuk meningkatkan berbagai unsur kimia dalam tanah, ada juga penelitian yang mengemukakan bahwa bahan organik sebagai sumber hara bagi organisme tanah mempunyai peran sebagai penambah hara Natrium, kalium, maupun unsur fosfor bagi tanaman dari hasil mineralisasi oleh mikroorganisme yang berada dalam tanah.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *