Bahaya Es Batu Balok, Penyebab Kanker Menghantui Warga Ibukota

Bahaya Es Batu Balok, Penyebab Kanker Menghantui Warga Ibukota – Warga ibukota baru-baru ini dikejutkan dengan tertangkapnya pria berinisial DDN (55) dan AL (55), penanggung jawab pabrik es batu balok di daerah Jakarta Timur.

Untitled

Pabrik ini digrebek polisi lantaran menerapkan sisttem produksi yang tidak higienis dengan menggunakan bahan baku berupa air sungai tercemar serta bahan kimia berbahaya.

Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Wahyu Hadiningrat dan dibuktikan dengan uji laboratorium di Balai Besar Laboratorium Kesehatan, Direktorat Jenderal Bina Upaya Kementerian Kesehatan RI. Sebenarnya apa yang terkandung dalam es batu produksi PT. EU yang mengganggu kesehatan ini ?

Es batu ini berasal dari air sungai sebagai bahan baku utamanya. Seperti yang kita ketahui, air sungai banyak mengandung limbah berbahaya, apalagi sungai di Jakarta yang sudah tercemar limbah industri dari hulu.

Hal ini mengakibatkan orang yang mengonsumsi es batu ini beresiko terkena penyakit kanker dan penyakit pencernaan. Yang paling uum adalah bahaya terserangnya diare.

Hal ini dikarenakan tingginya kandungan bakteri E. coli yang jika kandungannya tinggi di dalam usus besar, akan mengganggu penyerapan air di usus besar dan menyebabkan diare.

Selain bahaya penyakit pencernaan tersebut, tingginya kandungan bahan kimia seperti soda api, kaporit, tawas, ANP, dan anti foam beresiko tinggi menimbulkan kanker.

Bahan-bahan kimia ini bersifat karsinogenik yang menyebabkan pertumbuhan yang tidak normal pada sel tubuh. Amonia yang terkandung di dalamnya juga menyebabkan timbulnya tumor dan berujung pada penyakit kanker.

Selain kandungan bahan berbahaya diatas, tidak higienisnya proses produksi juga membahayakan kesehatan kamu. Air sungai sebagai bahan baku utama hanya diberikan tawas dan langsung dicetak.

Bisa dibayangkan berapa banyak bakteri penyebab penyakit yang terkandung didalamnya. Selain itu, es yang telah jadi diangkut dengan mobil tanki yang pastiinya tidak higienis.

Untuk itu guys, daripada membahayakan kesehatan kita dengan membeli es balok di pasaran, lebih baik kita buat sendiri es batu di ruumah. Dengan begitu kita bisa memastikan bahwa air yang digunakan sebagai bahan baku aman untuk dikonsumsi dan higienis.

Semoga bermanfaat..

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Bahaya Es Batu Balok, Penyebab Kanker Menghantui Warga Ibukota

  1. Pingback: Stroke : Penyakit Otak dan Pencegahannya | Joko Warino Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *