Bahaya Knalpot yang Kemasukan Air Pada Saat Mencuci Motor

Menjaga kebersihan kendaraan pribadi merupakan keharusan bagi seluruh orang untuk menjamin kelangsungan dan keawetan kendaraan bermotornya.

Terlebih bila dipakai pada situasi dan kondisi yang tidak bersahabat seperti iklim topis berdebu, lumpur pekar ataupun dekat dengan gunung vulkanis, memastikan tidak ada kotoran yang menumpuk pada kendaraan adalah kunci awetnya kendaraan bermotor Anda.

t-89

Beberapa pakar otomotif mensyaratkan untuk mencuci dan merawat kendaraan bermotor setidaknya dua minggu sekali dalam keadaan lingkungan normal dan seminggu sekali dalam keadaan lingkungan kotor.

Perawatan kebersihan secara ringan namun sering lebih dianjurkan daripada melakukan perawatan kebersihan berat saat kotoran sudah menumpuk.

Utamanya pada saat mencuci motor, banyak pemilik yang merasa was-was apabila air yang tersemprot dari keran masuk kedalam lubang knalpot. Apalagi ketika mencucikan motor di berbagai tempat pencucian motor yang menggunakan pompa bertekanan tinggi.

Banyaknya intensitas air yang masuk keknalpot dikhawatikan oleh banyak pemilik motor akan masuk kedalam mesin dan menyebabkan mesin tidak awet dan berhenti beroperasi.

Beberapa ahli otomotif mengatakan bahwa sesungguhnya pada bagian bawah knalpot terdapat beberapa lubang kecil yang secara khusus didesain untuk mengeuarkan segala macam air yang ada di batang knalpot.

Tidak hanya sebagai saluran pembuang air yang masuk saat mencuci motor. Pada saat cuaca dingin, uap asap yang keluar dari knalpot pun akan menimbulkan tetes air sebagai hasil dari penguapan asap. Tetes air itu dikeluarkan melalui lubang yang sama.

Namun, penting juga untuk mengetahui intensitas air yang masuk kedalam knalpot. Jika air yang masuk kedalam knalpot cukup banyak dan deras, segera lakukan pengecekan terhadap oli mesin untuk mencegah tercampurnya oli mesin dengan air dan akan merusak kinerja mesin.

Baca Artikel Lainnya :

Selain itu, air yang menggenang di dalam knelpot dapat berisiko menimbulkan karat dan akan menyebabkan korosif pada batang knalpot. Maka, usahakan untuk meminimalisir setiap air yang masuk pada knalpot motor Anda. Selamat merawat motor Anda!

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *