Bahaya Penggunaan Bantal Tebal Bagi Bayi

Bahaya Penggunaan Bantal Tebal Bagi Bayi – Tidur dengan menyandarkan kepala di atas bantal akan membuat tidur Anda terasa lebih nyaman. Tetapi bagi bayi, maka ada ataukah tidaknya bantal bukan hal yang terlalu berpengaruh.

Untitled

Bayi akan tetap tertidur dengan pulas atau nyenyak meskipun tidak menggunakan bantal. Meskipun demikian, sejumlah ahli tidak merekomendasikan bayi untuk tidur menggunakan bantal. Terlebih lagi bantal yang terlalu tebal.

Bayi beresiko kehabisan nafas

Munculnya larangan penggunaan bantal untuk bayi disebabkan karena bantal kemungkinan besar hanya akan meningkatkan risiko bayi mengalami kehabisan nafas.

Sangat dikhawatirkan wajah bayi tertindih oleh bantal maupun tertekan bantal padahal sebenarnya leher bayi masih belum cukup kuat membalikan wajahnya dari bantal.

Ini merupakan salah satu penyebab terbesar dari kasus bayi kehabisan nafas hingga meninggal karena di saat tersebut bayi tertindih bantal tanpa sepengetahuan orang tua. Sebagai orang tua yang baik tentunya Anda tidak ingin kejadian seperti itu terjadi pada bayi Anda bukan?

Kecenderungan bayi sensitif terhadap bahan bantal

Umumnya bayi juga memiliki kecenderungan lebih sensitif terhadap bulu,, debu maupun bahan lainnya yang dijadikan sebagai perlengkapan tidur.

Material-material yang sekiranya kurang cocok dengan bayi hanya akan meningkatkan munculnya reaksi alergi. Perlu Anda ketahui bahwa ini merupakan hal yang sangat berbahaya bagi kondisi bayi.

Oleh karena itu, bayi dinilai akan lebih aman untuk memakai bantal apabila kondisi lehernya dirasa telah cukup kuat. Selain itu bayi yang mulai menggerakkan kepala juga sudah mampu menghindarkan wajah dari bahaya tertutup bantal.

Baca Artikel Lainnya :

Akan lebih baik lagi jika bayi sudah mulai bisa duduk atau paling tidak bisa membalik-balikkan tubuhnya sendiri.

Ketika kondisi bayi Anda memang sudah benar-benar memungkinkan untuk menggunakan bantal tebal di saat tidur. Maka lebih baik siapkan bantal yang masih baru. Penggunaan bantal yang lama dikhawatirkan bisa menjadikan bayi alergi sebab debu dan kuman yang menempel pada bantal lama.

Bukan hanya itu saja, namun Anda juga sebaiknya memilih bantal kecil serta tidak begitu empuk sebagai penyangga dari kepalanya yang mungil.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *