Bahayakah Asap Rokok terhadap anak kita?

Bahayakah Asap Rokok terhadap anak kita? – Banyak diantara pria yang mempunyai kebiasaan merokok, tanpa mereka sadar asap yang tertinggal menyebabkan berbagai penyakit.

Asap rokok sangat berbahaya bagi anak yang masih rentan terhadap berbagai penyakit. Selain asap rokok yang berbahaya buat anak, menghirup endapan rokok yang tertinggal pada pakaian akan mengganggu kesehatan sang anak.

Untitled

 Dalam detik online menceritakan bahwa seorang mantan perokok aktif telah mengaku bahwa anaknya meninggal karena endapan yang terhirup oleh sang anak. Anaknya terserbut meninggal akibat radang paru-paru akut pada usia 1 tahun.

Sang ayah telah merokok di luar ruangan, akan tetapi anaknya menghirup nikotin dari baju ayahnya saat menggendongnya setelah ia merokok.

Menurut dokter yang juga penulis buku kesehatan anak, dr Arifianto, SpA menjelaskan bahwa orang tua yang merokok tetap membuat anak berisiko terkena paru-paru meski sudah membatasi untuk tidak merokok di dalam rumah.

Endapan racun yang menempel di baju, gorden, dan seprai merupakan bahaya yang sama dengan second hand smoker atau disebut dengan perokok pasif, sedangkan orang yang menghirup endapan atau asap dari rokok disebut third hand smoker.

Berikut adalah beberapa penyakit yang menyerang anak karena asap dan endapan rokok: 1. Syndrome kematian mendadak pada bayi

  1. infeksi/ peradangan telinga
  2. peradangan pernafasan
  3. asma atau bibit asma (yang akan diderita setelah dewasa nanti)
  4. Pneumonia
  5. Bronkhitis

Seperti itulah efek rokok dan asap rokok yang tidak hanya berbahaya bagi perokok aktif saja akan tetapi berbahaya bagi perokok pasifnya yaitu orang yang menghirup asap rokok.

Karena asap rokok mengandung lebih dari 4.000  bahan kimia yang sangat menjadi penyebab pentingnya perusak kesehatan kita.

Baca Artikel Lainnya :

Diantara bahan kimia yang sering kita jumpai yang terkandung dalam rokok adalah karbonmonoksida yang bisa menurunkan kadar oksigen, nikotin yang membuat kecanduan dan bisa menurunkan kerja otot hati, Tar (campuran berbagai zat beracun).

Unsur beracun rokok juga bisa menyebabkan kerusakan pada sel DNA yang mengakibatkan kanker.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *