Bakteri Fiksasi Nitrogen

Bakteri Fiksasi Nitrogen – Banyak sekali unsur nitrogen di atmosfer, namun tidak banyak bakteri fiksasi nitrogen yang dapat melakukan proses ini. Nitrogen sendiri merupakan suatu unsur yang cukup sulit untuk bereaksi. Sehingga untuk digunakan unsur ini harus melalui beberapa proses seperti nitrifikasi,denitrifikasi, mineralisasi, dan fiksasi unsur nitrogen. Konversi unsur nitrogenadalah suatu siklus yang digunakan untuk mengubah nitrogen menjadi bentuk kimiawi lain. Siklus nitrogen ini dibutuhkan oleh ekologi untuk produksi primer serta dekomposisi. Siklusnitrogen dalam skala global biasanya terjadi akibat beberapa tindakan yang dilakukan manusia seperti penggunaan pupuk nitrogen dan pembakaran menggunakan bahan bakar fosil.

Untitled

Sebagai unsur yang dalam jumlah banyak di alam, nitrogen biasanya hadir dalam bentuk urea, asam nukleat, senyawa anorganik seperti misalkan nitrat, nitrit, serta amonia. Beberapa bakterifiksasi nitrogen adalah:

  • Cynobacteria
  • Rhizobia
  • Azotobacteraceae
  • Frankia
  • Serta clotridium.

Adapun proses non-biologi yang terjadi pada fiksasi nitrogen, seperti misalnya sambaran petir, ada beberapa proses yang dapat mengkonversi unsur bebas nitrogen.

Cara konversi nitrogen yang pertama adalah fiksasi biologis. Yaitu fiksasi yang dilakukan oleh bakteri fiksasi nitrogen seperti bakteri simbiotik yang mempunyai kaitan dengan tanaman polong-polongan. Serta beberapa bakteri lain yang bebas dapat memperbaiki unsurnitrogen yang merupakan nitrogen organik. Contohnya adalah bakteri yang berkemampuan mengikat nitrogen adalah bakteri rizhobium yang biasa terdapat di akar tanaman kacang-kacangan.

Selain cara fiksasi biologis masih ada tiga cara lain dalam peoses konversi nitrogen beserta beberapa bakteri fikasasi nitrogen yang berperan di dalamnya yaitu meliputi:

  • Industri fiksasi nitrogen

Dengan berada pada tekanan suhu yang besar sampai sekitar 600oC, dengan menggunakan beberapa katalis berupa besi, hidrogen, serta nitrogen atmosfer. Dapat membentuk suatu kombinasi yang dapat menghasilkan amonia yang merupakan salah satu bahan untuk pembuatan pupuk dan peledak.

  • Pembakaran menggunakan bahan bakar fosil

Pembakaran ini terjadi pada pembangkit listrik termal serta mesin mobil karena keduanya melepaskan nitrogen oksida.

  • Proses geofisika

Proses fiksasi nitrogen yang sering dilihat adalah kilat yang menyambar.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Bakteri Fiksasi Nitrogen

  1. Pingback: Pemampatan Tanah oleh Curah Hujan | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *