Batik Minahasa Mencuri Perhatian Remaja Putri

Sejak jaman dulu kain batik merupakan budaya tradisional yang selalu mengalami perkembangan sehingga dikenal oleh masyarakat Indonesia hingga mancanegara.

Menurut pendapat Hamzuri dalam bukunya yang berjudul : Batik Klasik, pengertian batik merupakan suatu cara untuk memberi hiasan pada kain dengan cara menutupi bagian – bagian tertentu dengan menggunakan perintang.

m 79

Zat perintang yang sering diaplikasikan adalah lilin. Setelahnya, zat perintang tersebut dihilangkan dengan cara merebus kain.

Seperti dijelaskan di atas, definisi batik telah disepakati pada Konvensi Batik Internasional di Yogyakarta pada tahun 1997, meskipun demikian, masyarakat awam mengenal batik sebagai kain yang tertempel oleh beragam corak dan motif yang khas sesuai dengan daerah penciptanya.

Dengan kata lain, orang awam mengenal batik sebagai motif, bukan sebagai teknik pembuatan kain, dimana terdapat beberapa versi baru tentang asal kata batik.

Dua versi yang paling terkenal adalah bahwa kata batik berasal dari bahasa proto-austronesia dan bahasa Jawa yaitu batik proto-austronesia (becik) mengandung arti kegiatan membuat tato dan batik bahasa Jawa memiliki arti amba atau kegiatan menulis dan merangkai tanda – tanda titik.

Kain batik sangat populer di Indonesia, salah satunya adalah kain batik Minahasa. Daerah ini selain terkenal akan keindahan alamnya, juga banyak dijumpai masyarakat awam yang berprofesi sebagai penenun kain batik.

Minahasa memiliki kekayaan yang luarbiasa besar berupa penghasil terbaik kain batik tradisional yang diciptakan dalam beragam motif, gambar dan tulisan kuno yang berakar terhadap nilai – nilai budaya dan tradisi yang berkembang dalam kehidupan sosial masyarakat setempat.

Salah satu motif terpopuler dan banyak ditampilkan dalam batik Minahasa adalah waruga atau makam leluhur Minahasa yang menceritakan tentang daftar riwayat hidup dari seseorang yang telah meninggal.

Dibagian bawah waruga ditambahkan gambar berbentuk kembang teratai dalam posisi berlawanan yang satu menghadap ke atas dan lainnya ke bawah secara selang – seling untuk membentuk sebuah baris yang rapi.

Selanjutnya relief ini menjadi motif batik terkenal dan diberi nama motif ma’sungkulan. Motif lainnya yang terkenal adalah motif karengkom. Di bawah ini kami berikan informasi tentang kain batik Minahasa yang kerap dikenakan oleh para remaja putri untuk pergaulan mereka sehari – hari, diantaranya adalah :

1). Model baju muslim batik brokat terbaru bagi remaja putri menjelang usia dewasa adalah pilihan tepat yang memudahkan mereka untuk memilih model – model tren dan ringan yang disukai sehingga tidak dianggap ketinggalan dalam dunia fashion.

Dengan hadirnya baju muslim berbahan dasar kain batik Minahasa dengan hiasan brokat cantik berwarna lembut atau warna – warna berani sesuai dengan corak atau motif dasar dari kain batik akan menambah koleksi baju muslim modern dan modis bagi para remaja Muslimah tersebut.

Di samping itu, model baju seperti ini dapat sekaligus berfungsi untuk menutup aurat dan cocok buat berbagai acara yang akan anda hadiri misalnya untuk acara pesta di rumah dengan keluarga besar dan para tetangga, pesta di tempat kerja, acara santai seperti akan menonton film ke gedung bioskop mewah atau menonton konser mahal dan beragam aktifitas lainnya dalam pergaulan sehari – hari.

2). Gamis, dress, dan gaun adalah pilihan favorit bagi para remaja berhijab usia dewasa untuk dikenakan sehari – hari karena modelnya yang praktis, nyaman, dan terpenting adalah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh syariat.

Jika anda ingin mengaplikasikan bahan kain batik Minahasa sebagai busana muslim gamis, hindari menggunakan kain batik terhadap keseluruhan gaun, cukup sebagai aksen atau kombinasikan dengan bahan kain yang lain seperti kain sutra.

Model gamis seperti ini populer dengan nama gamis kombinasi dan kerap dijadikan sebagai model baju gamis batik terbaru pada butik – butik mewah di kota – kota besar. Lebih bagus menggunakan bahan kain dasar yang polos karena nantinya akan diberi aksen tambahan berupa kain batik Minahasa dengan motif berwarna berani.

Baca Artikel Lainnya :

Berikut adalah beberapa model yang bagus anda jadikan ide untuk pergaulan di luar rumah yaitu : gamis kombinasi sifon nan elegan (Plasamuslim ), gamis kombinasi satin (Maoxiandao), gamis batik katun dengan kombinasi balero (Ummine Putri – Pinterest), dan model baju gamis batik kombinasi two-piece (Heidy Irawan – Pinterest).

Demikianlah beberapa model baju pergaulan dari kain batik Minahasa tren tahun 2016 yang bisa anda jadikan ide bagi yang tengah mencari model baju terbaik dan sedang trendi.

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *