Batu Ginjal dapat Dipicu Sayuran Hijau ?

Batu Ginjal dapat Dipicu Sayuran Hijau? – Batu ginjal, penyakit yang menyerang organ ekskresi ini merupakan penyakit yang menyulitkan penderitanya. Keberadaan zat padat di ginjal terjadi akibat penggumpalan kalsium, asam urat, dan magnesium yang membentuk padatan batu.

12

Jika batu ginjal telah masuk ke saluran pembuangan kita, maka saluran urin akan tersumbat dan membuat penderitanya tidak dapat buang air kecil. Hal ini berakibat pada tertimbunnya racun di dalam tubuh. Selain itu, penderita akan merasakan sakit yang amat sangat karena keberadaan batu pada saluran urin tersebut.

Batu ginjal disebabkan berbagai hal. Terlalu banyaknya mengonsumsi makanan yang berbahan dasar daging hewani, kurangnya magnesium, maupun faktor lain yang sifatnya genetik dan obesitas. Selain itu, tahukah kamu kalo mengonsumsi sayuran hijau dapat menimbulkan batu ginjal ?

Sayuran hijau merupakan bahan makanan yang sehat dan banyak mengandung serat. Akan tetapi, keberadaan oksalat dalam jumlah yang tinggi di dalam sayuran hijau berpotensi menyebabkan pembentukan batu ginjal.

Jika oksalat masuk ke dalam tubuh dan berikatan dengan kalsium pada urin, akan menyebabkan terbentuknya kalsium oksalat yang membentuk batu ginja. Adapun sayuran yang memiliki kandungan oksalat yang tinggi adalah kacang-kacangan, bayam, lobak, bit hijau, kale, dan kedelai.

Dugaan ini muncul ketika semakin banyak orang sehat yang datang dengan keluhan terdapatnya batuginjal. Penderita yang umumnya mengonsumsi sayuran kale ini mengalami gangguan pada ginjalnya. Walaupun belum diketahui pasti keterkaitannya antara kedua hal tersebut. Namun perlu diperhatikan juga bahwa memakan makanan yang tinggi protein juga akan menyebabkan timbulnya batu ginjal.

Protein, terutama yang berasal dari hewan memiliki kandungan garam dan asam yang tinggi dan akan memicu terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu, orang yang mengonsumsi makanan daging lebih mudah terserang batu ginjal dibandingkan dengan orang yang berpola makan vegetarian.

Sehingga dapat dikatakan bahwa makanan yang kaya akan protein hewani sebenarnya lebih beresiko menimbulkan batu ginjal ketimbang memakan sayuran. Akan tetapi, untuk menghindari resiko timbulnya batu ginjal dari sayuran hijau, perlunya kita membatasi konsumsi sayuran.

Dan intinya hindarilah mengonsumsi makanan yang kaya dengan oksalat. Tapi bukan berarti kamu harus meninggalkan sayuran hijau. Makanlah sayuran hijau sesuai dengan kebutuhan dan tidak berlebihan.

Dan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan oksalat, perlu diimbangi dengan banyak minum air putih, kurangi konsumsi garam meja, dan tambahkanlah perasan jeruk. Perasan jeruk baik lemon maupun jeruk biasa efektif mengurangi kandungan protein hewani penyebab batu ginjal. Selain itu, konsumsilah makanan yang kaya kalsium untuk mengikat oksalat di lambung sehingga kandungannya di urin menjadi rendah.

Baca Juga :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *