Beberapa Alasan Mengapa Planet Mars disebut Planet Merah

Beberapa Alasan Mengapa Planet Mars disebut Planet Merah – Planet Mars memiliki daya tarik yang tinggi karena warnanya yang kemerahan. Selain itu, planet yang kerap disebut planet merah ini juga diklaim memiliki potensi untuk dapat ditinggali.

Untitled

Planet Mars sendiri tidak memiliki ukuran yang terlalu besar juga. Besarnya sekitar dua kali satelit alam Bumi kita, yaitu Bulan. Periode revolusi Mars juga hampir sama dengan Bumi. Bumi memerlukan waktu kurang lebih 352 hari untuk melakukannya, sedang Mars hanya butuh 320 hari.

Mars telah membawa banyak cerita menarik dan unik seiring dengan perkembangan Bumi kita karena warna indahnya. Warna kemerahannya. Bahkan sejak zaman Romawi dan Yunani kuno, orang-orang terdahulu sudah memiliki ketertarikan dengan planet merah ini.

Adapun warna merah di planet ini disebabkan oleh lapisan karat tipis yang menyelubungi seluruh permukaannya. Selain itu, warna merahnya juga disebabkan karena adanya bahan besi (III) oksida yang ada lapisan atmosfernya itu.

Mars juga memiliki gunung dan lembah yang tertinggi dan terbesar di tata surya kita. Gunung dan lembah tersebut bernama Olympus Mons dan Valles Marineris. Gunung Olympus Mons memiliki tinggi sekitar 27 km, tiga kali lipat dari Mount Everest.

Diameter kawahnya saja mencapai 600 km. Sedangkan, lembah terbesar Mars, Valles Marineris memiliki panjang, lebar, dan kedalaman berturut-turut adalah 3000 km, 600 km, dan 8 km.

Proses terbentuknya lembah terbesar di tata surya kita yang merupakan kembaran Grand Canyon kalau di Bumi ini masih menjadi perdebatan diantara para ilmuwan. Diduga, lembah tersebut terbentuk ketika planet Mars mulai mendingin sehingga terjadi retakan.

Selain itu, di Mars juga terdapat fenomena kenampakan cahaya yang luar biasa cantiknya yaitu cekungan borealis. Cekungan ini nampak di belahan bagian utara dan merupakan 40% dari keseluruhan permukaan Mars.

Baca Artikel Lainnya :

Untuk klaim bahwa planet Mars mungkin dapat ditinggali oleh manusia dan makhluk hidup lainnya, sepertinya kita masih harus menunggu cukup lama untuk konfirmasi kepastian mengenai hal ini.

Sebab Mars selain memiliki gunung dan lembah terbesar di tata surya kita, juga memiliki badai yang terbesar juga di tata surya. Ketika berlangsung, prosesnya bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Temperatur udara di Mars juga akan sangat berbahaya bagi manusia untuk tinggal, suhu dinginnya bisa mencapai minus 125 derajat Celcius. Belum lagi, atmosfernya yang sangat tipis dan udaranya yang tinggi akan kadar gas CO.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *