Beberapa Ancaman Tidur di Malam Hari

Beberapa Ancaman Tidur di Malam Hari – Istirahat malam dengan kualitas baik adalah hal penting yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Untitled

Bahkan bisa juga membantu menurunkan berat badan. Namun ada kondisi yang justru bisa mendatangkan malapetaka saat Anda sedang tidur di malam hari, kondisi ini bahkan menjadi lebih umum.

Apnea tidur obstructive

Apa itu apnea tidur obstructive? Ini merupakan penyakit kronis dengan ancaman merusak tubuh dimana Anda bisa bernapas normal saat siang hari kemudian berhenti bernapas dalam waktu singkat ketika Anda sedang tidur malam hari.

Menurut penelitian yang pernah dilakukan di American Journal of Epidemiology sendiri sleep apnea saat ini sudah mempengaruhi 26% orang dewasa dengan usia 30-70 tahun. Kelebihan berat badan menjadi 1 faktor utama dari sleep apnea.

Sleep apnea bisa mengakibatkan berkurang atau berubahnya struktur dan fungsi batang otak. Hal ini bahkan juga bisa menyebabkan faktor risiko yang lebih tinggi dan signifikan di dalam mengembangkan komplikasi kardiovaskular setelah operasi jika tidak segera diobati.

Selain itu bisa meningkatkan risiko aritmia jantung pada malam hari. Secara umum ini merupakan ancaman kesehatan yang serius dan perlu segera mendapatkan penanganan medis untuk diobati.

Penyebab sleep apnea

Gangguan yang mengakibatkan seseorang berhenti bernapas dalam waktu yang tergolong singkat ini (biasanya 10-30 detik) memang cukup serius.

Jeda di dalam bernapas yang disebut dengan apnea serta di dalam kasus yang lebih parah kondisinya akan menjadi ratusan kali berhenti bernapas setiap malam.

Hingga saat ini dikenal 2 jenis sleep apnea. Untuk jenis pertama adalah apnea tidur obstruktif dan terjadi saat tenggorokan atau hidung sebagian atau seluruhnya tersumbat.

Baca Juga :

Kelebihan berat badan turut menjadi salah satu penyebab tersumbatnya saluran pernapasan. Sementara jenis kedua yaitu sleep apnea central, terjadi pada saat otak yang berfungsi mengontrol pernapasan mengalami kerusakan. Misalnya karena infeksi maupun stroke.

Gejala sleep apnea umumnya berupa mengantuk berlebihan saat siang hari, mendengkur keras, masalah konsentrasi atau ingatan, mulut kering saat bangun tidur hingga sakit kepala pada pagi hari.

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *