Beberapa Anggapan Keliru Tentang Air Kelapa

Beberapa Anggapan Keliru Tentang Air Kelapa – Siapa yang menolak jika disajikan air kelapa ? Minuman yang segar jika diminum saat panas dan sehabis beraktivitas mampu memulihkan energi yang hilang.

Air kelapa memang sejak dahulu dikenal memiliki banyak manfaat yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Selain sebagai penawar racun yang ampuh, air kelapa juga banyak mengandung elektrolit yang dapat memulihan stamina tubuh.

Untitled

Dan tidak jarang orang yang menyebutkan bahwa kelapa memiliki khasiat dalam menyebuhkan alergi, memperbaiki ginjal, dan bahkan dapat menurunkan berat badan.

Air kelapa dikenal sebagai air tersteril di dunia, mengapa ? Hal ini dikarenakan air kelapa dibungkus dengan lapisan yang keras dan bersklerotized dengan tempurung dan sabutnya. Ini melindungi air kelapa didalamnya dari kontaminasi berbagai macam bakteri dan virus.

Dan apa saja sih kandungan dari air kelapa yang memiliki banyak manfaat tersebut ? Air kelapa mengandung 2,6% gula dalam bentuk glukosa, fruktosa, dan sukrosa serta berbagai kandungan protein, mineral, dan lemak yang kadarnya masih di bawah 1%.

Dan pastikan kamu mengonsumsi air kelapa hijau karena kandungan gula yang lebih tinggi dibandingkan air kelapa tua. Kandungan gula inilah yang nantinya akan memulihkan energi yang hilang setelah kamu beraktifitas.

Selain kandungan diatas, air kelapa banyak mengandung tanin. Jika kamu belum mengetahuinya, tanin adalah zat anti bakteri yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri dan mampu menjaga daya tahan tubuh kamu jika rajin mengonsumsinya.

Hebatnya lagi, air kelapa ternyata banyak mengandung kalium yang kandungannya mencapai 730 miligram per 100 gram air kelapa, khususnya air kelapa muda. Kandungan magnesium dan kloridanya juga terbilang cukup dan sedikit kandungan natrium. Hal ini sangat menguntungkan, khususnya dalam menjaga tubuh kita tetap sehat.

Dan berikutnya adalah beberapa anggapan keliru tentang manfaat air kelapa yang sering dipercaya banyak orang :

Air Kelapa Mampu Menurunkan Berat Badan

Inilah anggapan yang salah tentang air kelapa. Apakah benar air kelapa mampu menurunkan berat badan ? Anggapan tersebut sebenarnya tidak benar.

Air kelapa sebenarnya berfungsi dalam memperlancar pencernaan dan merangsang frekuensi BAB. Mungkin dengan manfaatnya ini orang yang meminum air kelapa seolah-olah turun berat badannya.

Padahal bukanlah lemak yang keluar dari tubuhnya, melainkan zat makanan serta air. Minum air kelapa berlebihan juga akan menimbulkan diare.

Air Kelapa Memiliki Nutrisi yang Melebihi Susu Full Cream

Anggapan keliru selanjutnya adalah bahwa air kelapa punya kandungan nutrisi yang lebih tinggi dari susu. Anggapan tersebut tentunya sangat keliru.

Susu full cream nyatanya punya kandungan mineral yang pastinya lebih tinggi, belum lagi kandungan lemak dan proteinnya. Tak hanya itu, susu juga mengandung banyak vitamin yang tidak dimiliki oleh air kelapa.

Air Kelapa Berkhasiat dalam Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Air kelapa memang banyak mengandung tanin yang dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Akan tetapi, hal tersebut belumlah terbukti.

Baca Artikel Lainnya :

Belum ada literatur yang menyebutkan manfaat air kelapa dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Hal yang pasti adalah kekebalan tubuh dapat dijaga dan ditingkatkan dengan banyak memakan makanan yang bergizi karena begitu kompleksnya sistem kekebalan tubuh kita.

Semoga bermanfaat..

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *