Beberapa Faktor Yang Menyebabkan Rambut Rontok

Pernyataan rambut adalah mahkota benar adanya bahkan zaman modern sekarang tidak hanya wanita saja yang percaya pernyataan tersebut pria juga sepertinya sangat memperhatikan rambut mereka. Tapi kerontokkan tidak dapat dihindari jika salah merawatnya.

r 188

Ada beberapa faktor penyebab kerontokkan :

1. PROTEIN

Rambut terdiri dari keratin yaitu zat pemberi kekuatan pada rambut. Menurut Philip Kingsley, seorang konsultant trichologist terlalu sedikit protein sangat mempengaruhi keratin sehingga rambut kurang bertenaga dan sulit tumbuh.

2. MENGGOSOK KEPALA TERLALU KERAS

Saat keramas disarankan tidak menggosok kepala terlalu keras selain menyakitkan kulit kepala pijatan keras ini dapat merusak folikel rambut.

3. SISIR

Jangan menyisir rambut sehabis keramas tunggulah sampai benar – benar kering karena rambut yang basah gampang rapuh.

4. MEWARNAI RAMBUT

Zat yang terkandung pada cat rambut dapat merusak folikel rambut bahkan menghambat pertumbuhan rambut jika terlalu sering mengecat ramut.

5. HORMON

Hormon DHT pada pria membuat rambut tampak tidak sehat dan berhenti bertumbuh. Terdapat juga hormon Alopesia Aerata penyebab rambut pitak.

6. ZAT BESI

Kurangnya zat besi tingkat feritin juga menurun sehingga mengganggu siklus pertumbuhan rambut dan menjadikan rambut rontok.

7. ROKOK

Merokok dapat menghambat suplai darah ke folikel rambut yang menyebabkan rambut rontok.

8. MENOPAUSE

Wanita yang memasuki masa menopause kerap kali dilanda kerontokkan rambut. Kadang pada saat hamil dan terpengaruh oleh penggunaan alat kontrasepsi memicu adanya rambut rontok.

9. ALAT PENATA RAMBUT

Pencatok rambut yang digunakan dekat dengan kulit kepala membuat akar rambut kering dan rambut rapuh. Sedangkan pengkeriting rambut yang dilakukan dengan cara dililitkan dirambut membuat akar rambut tertarik dan rambut menjadi kering bercabang.

Alat lain yang digunakan adalah hair dryer, efek yang ditimbulkan adalah rambut kering dan akar rambut menjadi patah.

10.  EFEK SAMPING OBAT

Penggunaan obat tertentu memberikan efek kerontokkan pada rambut. Obat itu diantaranya antidepresan, kemoterapi, dan kotrasepsi.

11. JARANG KERAMAS

Jarang keramas dan terpapar sinar matahari terus – terusan membuat rambut lepek, lembab, dan berminyak apabila tercampur dengan keringat mengakibatkan rambut rontok.

Baca Artikel Lainnya :

Itulah beberapa hal yang dianggap sepele yang mengakibatkan rambut rontok. Semoga bermanfaat.

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *