Beberapa Fungsi Gas Karbon Dioksida

Karbon dioksida adalah salah satu gas yang berbahaya bagi sistem pernapasan manusia. Biasanya, gas ini dihasilkan dari sisa pembakaran bahan bakar kendaraan. Dalam konsentrasi tinggi, karbon dioksida memang berbahaya bagi kesehatan.

a 61

Namun, tahukah Anda jika sejatinya karbon dioksida sangat berperan penting bagi kelangsungan planet bumi? Penasaran apa saja fungsi karbon dioksida bagi planet bumi? Yuk, simak ringkasan berikut ini:

Melindungi bumi

Dikutip dari situs Wikipedia, gas karbon dioksida adalah gas yang dapat menyerap panas  sinar inframerah dari matahari. Sekadar informasi, sinar inframerah sangat berbahaya bagi makhluk hidup.

Bayangkan saja jika sinar matahari yang memiliki kekuatan panas beribu-ribu kali lipat dari panas api langsung menerobos atau mengarah ke bumi, maka semua jenis makhluk hidup akan musnah.

Siklus fotosintetis

Selama bernapas, setiap makhluk hidup menghasilkan gas karbon dioksida secara alami. Bahkan, tumbuh-tumbuhan juga membutuhkan karbon dioksida untuk melakukan fotosintetis agar bisa membuat makanan demi kelangsungan hidupnya.

Memadamkan api

Api tidak bisa menyala tanpa oksigen. Nah, inilah peran penting karbon dioksida bagi pemadam kebakaran untuk menguasai api dengan cepat. Biasanya, karbon dioksida untuk alat memadamkan api telah dikemas dalam tabung khusus yang terdapat di tempat-tempat publik seperti rumah sakit, pusat perbelanjaan atau gedung dan kantor.

Bahan bakar kendaraan

Seiring dengan kemajuan teknologi yang makin pesat, penelitian telah berhasil memanfaatkan karbon dioksida sebagai bahan bakar cair seperti bensin untuk menyalakan kendaraan.

Industri makanan dan minuman

Dari segi industrialis, karbon dioksida pun telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti membuat makanan roti yang empuk serta minuman berkarbonasi. Sensasi meminum minuman kaleng berkarbonasi ternyata sangat digandrungi lantaran membuat tenggorokan dan hidung seperti tersengat ketika bersendawa. Inilah efek karbon dioksida yang bisa dimanfaatkan secara positif untuk industri makanan dan minuman.

Baca Artikel Lainnya :

Efek asap

Pernahkah Anda melihat pertunjukkan atau pementasan drama dengan efek asap untuk menambah kesan cerita? Yap, ini juga salah satu manfaat karbon dioksida. Adalah es kering, terbuat dari karbon dioksida yang dibekukan. Jika terbakar, akan menimbulkan asap atau efek kabut untuk pentas atau hiburan.

Apalagi manfaat gas karbon dioksida yang Anda tahu?

Loading…

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *