Beberapa Hal Tentang Kelemahan dan Kekurangan Globe

Sewaktu duduk di bangku sekolah dasar, pasti Anda sudah sangat familiar dengan bola yang biasanya diletakkan di atas lemari buku dalam kelas. Ini bukan sembarang bola, karena bergambar peta seluruh dunia lengkap dengan nama negara, kota, sungai, perbatasan hingga pegunungannya.

a 62

Ibaratnya, globe adalah planet bumi mini portabel yang bisa dibawa kemana-mana. Nah, artikel kali ini, kita akan membahas sedikit tentang kekurangan dan kelebihan globe dibandingkan peta. Yuk, kita cari tahu bersama:

Kelebihan globe: mewakili wujud asli bumi

Hal ini sangat berguna untuk mengajarkan bahwa planet bumi memang bulat, terutama kepada anak-anak usia sekolah dasar yang ingin tahu hal-hal baru dengan wujud asli atau realistisnya.

Globe bentuknya disamakan seperti bumi, sehingga apabila seseorang berjalan dari arah barat ke timur, akan sampai di tempat semula karena pada prinsipnya hanya mengitari bumi saja.

Kelemahan globe: gambar peta terbatas

Mengingat bentuk globe yang bulat dan berukuran diameter yang terbatas menyerupai bola sepak, gambar peta yang tertera pun hanya meliputi negara dan beberapa kota yang penting.

Seperti ibukota negara, kota besar, atau tempat-tempat yang populer. Sementara, mungkin ada daerah-daerah lain yang penting untuk navigasi tidak dapat digambarkan secara detail karena keterbatasan tempat di permukaan globe.

Kelemahan globe: tidak praktis

Pada awalnya, globe mungkin hanya dibuat sebagai alat peraga pendidikan anak-anak agar mereka lebih paham tentang konsep dasar bumi itu bulat. Jadi, sangat wajar jika para turis atau wisatawan lebih memilih peta yang mudah dilipat dan digenggam ketimbang harus memboyong bola dunia setiap kali bertualang. Ya, kan?

Baca Artikel Lainnya :

Teknologi informasi makin berkembang, termasuk informasi navigasi atau pemetaan daerah. Ada situs gratis seperti Google Maps atau Google Earth yang lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana karena bisa diunduh dalam ponsel pintar.

Terlepas dari segala kekurangan dan kelebihannya, globe tetap menjadi alat peraga yang populer dan bisa diandalkan untuk mengajarkan tempat-tempat atau negara-negara di seluruh dunia pada anak-anak usia sekolah.

Semoga informasinya bermanfaat dan menambah wawasan Anda ya..

Loading...

About Rita Elfianis

Segala sesuatu yang dikerjakan dengan ikhlas pasti akan membuahkan hasil. Tetaplah berusaha menggapai impian kita. Jangan menyerah.

  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *