Beberapa Jenis Ayam Buras

Beberapa Jenis Ayam Buras – Tahukah Anda dari mana istilah buras tersebut berasal? Istilah buras sendiri memiliki arti “bukan ras”, yang di gunakan untuk menyebut berbagai jenis ayam yang tidak termasuk dalam golongan ayam ras. Indonesia jenis buras lebih fenomenal dengan sebutan ayam kampung, akan tetapi buras ini tidak hanya berjenis ayam kampung saja.

a

Ayam buras ini biasanya di pelihara dengan cara subsisten, jika di bandingkan dengan ayam ras, jenis ini memiliki pertumbuhan yang cenderung lambat serta mempunyai bobot tubuh yang lebih kecil, sehingga kurang cocok untuk usaha ternak secara komersial. Jenis ayam ini lebih cocok untuk di pelihara sebagai usaha sampingan ataupun hoby.

Ayam kampung

Ayam kampung ialah jenis buras yang sangat populer di Indonesia. Ayam jenis ini biasanya di kembangbiakkan untuk di ambil daging serta telur. Ayam kampung di anggap sebagai domestikasi dari ayam hutan. Tetapi ada yang menyebutkan jika ayam kampung berasal dari cina. Bila di bandingkan dengan jenis yang lain, pertumbuhan ayam kampung sendiri relatif lebih lambat. Ayam yang memiliki usia 2 bulan, hanya sebesar kepalan tangan, ayam ini baru bisa di konsumsi setelah 8 bulan lamanya. Bila di lihat dari segi produktifitas, ayam ini baru bisa bertelur setelah lebih dari 6 bulan.

Ayam kedu

Seperti namanya, ayam ini berasal dari Kedu, Jawa Tengah. Dikembangbiakkan dari jaman kolonial, menurut cerita yang beredar, ayam ini berasal dari persilangan antara ayam yang di bawa oleh Raffles dengan ayam yang berasal dari dieng. Bentuk yang dimiliki oleh ayam kedu ini sangatlah khas. Biasanya ayam ini hanya di jadikan sebagai hoby semata seperti kedu hitam. Ukuran ayam ini 4 kg untuk jantan, dan 3 kilo untuk betina.

Ayam arab

Asal usul dari ayam arab ini memiliki berbagai versi, ada yang mengatakan ayam ini berasal dari arab yang di bawa oleh TKI, namun ada pula yang berpendapat ayam ini berasal dari belgia. Ayam ini memiliki sebutan ayam arab dikarenakan memiliki bulu di kepala hingga leher yang berwarna putih, nampak seperti kerudung yang biasa di pakai oleh “pak haji”. Bila di lihat dari fisiknya, ayam ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil. Akan tetapi kemampuan bertelurnya sangatlah menjanjikan, pertahun ia bisa mencapai 225 butir.

Ayam kate

Tentu saja ayam ini sudah tidak asing di telinga Anda. Ayam kate biasanya di pelihara untuk tujuan seperti hoby. Ayam ini berasal dari daerah Banten. Banyak sekali jenis ayam yang berasal dari persilangan ayam kate. Mungkin Anda akan terheran, karena bobot ayam ini hanya 350 gram saja untuk ayam dewasa. Kate memiliki potensi untuk dikembangbiakkan dengan cara komersial.

Baca Artikel Lainnya :

Loading...

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

One thought on “Beberapa Jenis Ayam Buras

  1. Pingback: Asal Mula Adanya Lele Sangkuriang | Pusat Infomasi Pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *