Beberapa Jenis Media Cetak yang Berkembang Pesat di Indonesia

Seiring berkembangnya zaman, perkembangan media di Indonesia pun semakin pesat, termasuk media cetak. Walaupun kehadirannya terus tergerus dengan munculnya teknologi-teknologi yang mumpuni, media cetak tetap memiliki tempat tersendiri di masyarakat.

s 196

Media cetak mulai berkembang pada abad ke-16. Dan diakhir abad ke-19 muncul berbagai jenis media cetak seperti Koran dan majalah yang dapat dengan mudah dijumpai. Berikut ini beberapa jenis media cetak yang berkembang pesat di Indonesia.

  1. Koran

Koran memang salah satu media cetak yang terbilang long lasting. Koran seakan sudah memainkan peran penting sebagai penyedia informasi di Indonesia, entah itu dalam membangun opini, memberi pengetahuan, hingga sebagai media promosi.

Konten yang diberikan pun tidak selalu ‘berat’ seperti politik, keuangan, saham, dan lainnya, tapi juga berisikan hal-hal ringan seperti review film, music, dan lain-lain.

  1. Majalah

Selain Koran, majalah juga seakan mempunyai tempat tersendiri di hati para pembacanya. Majalah biasanya lebih tematik, misalnya ada majalah khusus untuk wanita, otomotif, keuangan, dekorasi, hingga travel. Frekuensi terbitnya pun tidak seperti koran yang setiap hari terbit sehingga pembaca akan selalu menunggu-nunggu informasi yang diterbitkan.

  1. Buku

Buku adalah jendela dunia. Buku menjadi salah satu media cetak favorit masyarakat Indonesia. Terbukti dengan berkembang pesatnya media ini, mulai dari novel hingga buku pelajaran, semua tidak dapat ditinggalkan. Kehadiran toko buku juga menjadi hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia.

  1. Brosur

Media cetak yang satu ini memang lebih terfokus pada literature promosi, entah itu sebuah prosuk, event, ataupun komunitas.

  1. House magazines (majalah internal)

Media cetak yang satu ini memang tidak dapat dijumpai secara luas karena jangkauannya hanya internal sebuah organisasi ataupun perusahaan. Di Indonesia sendiri, house magazines berkembang dengan pesat karena setiap organisasi memiliki informasi dan data tersendiri.

  1. Flyer

Flyer atau selebaran merupakaan salah satu media cetak yang memiliki ukuran kecil. Fungsinya hampir sama dengan brosur, yaitu untuk promosi.

Baca Artikel Lainnya :

  1. Billboard

Media cetak ini memang sering dijumpai karena diletakan di lokasi strategis dengan ukuran yang besar. Media ini digunakan sebagai iklan. Di Indonesia, billboard biasanya muncul di sepanjang jalan dan beberapa lokasi strategis lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *