Beberapa Manfaat dan Khasiat Kentang untuk Kesehatan

Beberapa Manfaat dan Khasiat Kentang untuk Kesehatan – Kentang merupakan salah satu tanaman umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan. Tumbuhan dengan nama latin Solanum tuberosum menjadi makanan pokok bagi sebagian masyarakat yang ada di Amerika Selatan dan Eropa. Kentang mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna untuk tubuh diantaranya yaitu vitamin A, B, C, fosfor, kalsium, kalium, zat besi, serat, protein. Kentang tidak hanya berguna untuk kecantikan, namun juga untuk kesehatan tubuh.

1

Membantu menurunkan kadar kolesterol karena kentang memiliki banyak kalori sehingga memberikan rasa kenyang pada seseorang yang memakannya. Rasa kenyang ini lebih lama dikarenakan kalori yang seimbang dan juga kental. Kentang juga mengandung zat potasium yang berguna untuk membantu memecahkan dan menghancurkan kadar kolesterol yang ada pada sistem pencernaan dan sistem peredaran darah.

Membantu untuk mengurangi peradangan dan mencegah terjadinya batu ginjal merupakan manfaat lainnya dari kentang. Kandungan magnesium dalam kentang membantu seseorang untuk mencegah dan menolak adanya endapan batu ginjal yang terbentuk di sistem jaringan. Dikarenakan tekstur kentang yang halus dan juga lembut, umbi-umbian ini dapat berguna untuk mengatasi peradangan baik peradangan dalam ataupun luar yang berada di mulut, usus ataupun di sistem pencernaan. Kentang rebut dapat dimakan atau digosokkan pada luka bakar, memar atau untuk mengurangi encok dan juga pegal linu.

Selain itu, dengan mengkonsumsi kentang secara rutin, dapat membantu untuk meningkatkan fungsi otak dan sistem syaraf. Hal tersebut dikarenakan di dalam kentang mengandung vitamin B6 yang membantu untuk menjaga sistem syaraf. Kentang juga mengandung asam amino, asam lemak, omega-3 asam lemak, zinc, phosphorus yang baik untuk otak. Dari vitamin B6 dalam umbi-umbian ini, dapat membantu seseorang untuk menurunkan tingkat stress yang dimiliki serta karbohidrat yang terkandung membuat kinerja otak berjalan dengan maksimal dengan mempertahankan tingkat glukosa dalam tubuh.

Manfaat dan khasiat lain dari mengkonsumsi kentang yaitu:

  • Kandungan vitamin B6 dapat juga membantu untuk menghancurkan tumor dan juga kristal dalam tubuh, membantu untuk mencegah gangguan syarat dan membantu untuk membentuk dan membangun sel dalam tubuh.
  • Membantu mencegah penyakit jantung, kanker rahim, kanker prostat
  • Membantu untuk mencegah masalah pada sistem pencernaan karena kentang kaya akan serat.
  • Mencegah terjadinya tekanan darah tinggi dan membantu untuk menyehatkan tulang karena kentang mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah.
  • Menjaga sistem kekebalan tubuh terutama serangan flu dan penyakit kudis jika dikonsumsi secara teratur.
  • Membantu untuk memaksimalkan kerja atlit karena kandungan sodium dan potasium berfungsi untuk mengembalikan sistem keseimbangan elektrolit yang hilang melalui keringat.
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membantu untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh sehingga kentang dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes atau kencing manis.
  • Mengatasi penyakit asam urat disebabkan kandungan alkali yang ada dalam kentang.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *