Beberapa Manfaat DHA Bagi Otak Dan Kecerdasan Seorang Anak

DHA merupakan salah satu jenis asam lemak tak jenuh ganda omega 3 yang terdapat pada semua bagian tubuh. DHA memiliki peran untuk bagian mata dan otak.

DHA memiliki peran yang penting dalam perkembangan tubuh, yang dapat memicu perkembangan otak bayi. DHA ini baik dikonsumsi oleh anak di segala usia. Berikut ini akan dijelaskan mengenai manfaat DHA bagi otak dan kecerdasan anak :

s 124

  • Selama dalam kandungan, DHA bisa meningkatkan IQ anak hingga usia empat tahun. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi 400 mg atau lebih DHA per hari. Selama masa kehamilan, vitamin belum cukup sehingga sebaiknya ibu hamil juga mengonsumsi suplemen vegetarian.
  • Pada usia 0-6 bulan. Pada usia 0-6 bulan, bayi memiliki koordinasi mata-tangan yang lebih baik jika dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapatkan asupan DHA yang cukup. Bayi yang menyusu akan memperoleh dosis yang cukup selama anda mengonsumsi suplemen sebanyak 400 mg atau lebih per hari. Jika anda tidak menyusui, anda dapat memilih susu formula yang mengandung 19 mg DHA per 150 mL.
  • Usia 6 bulan-2 tahun. Pada usia 6 bulan-2 tahun, DHA meningkatkan produksi hormon yang penting untuk pertumbuhan otak yang pesat pada usia ini. Pada usia anak 6 bulan-2 tahun, setiap harinya konsumsilah 100 mg atau lebih makanan yang diperkaya DHA. Contohnya adalah yogurt, sereal. Ketika anak anda berusia 1 tahun, anda juga bisa memberikan susu dan telur. Untuk alternatif lainnya, anda bisa memberikan ikan salmon.
  • Usia 2-5 tahun. Pada usia 2-5 tahun, apabila asupan DHA nya tidak cukup, anak anda akan memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami ADHD, masalah pada penglihatan, dan masalah yang berhubungan dengan depresi. Pada usia 2-5 tahun, konsumsi DHA adalah sekitar 200 mg per hari dari makanan yang diperkaya dengan DHA.

Baca Artikel Lainnya :

Dari paparan diatas, dapat disimpulkan bahwa DHA berperan penting dalam pembentukan kecerdasan anak, bahkan pada saat anak masih berada dalam kandungan. Oleh karena itu perhatikanlah asupan makanan anak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *