Beberapa Penyakit Tanaman yang Disebabkan Oleh Virus

Beberapa Penyakit Tanaman yang Disebabkan Oleh Virus – Penyakit tanaman tidak hanya disebabkan oleh bakteri maupun fungi (jamur) tetapi juga disebabkan oleh adanya infeksi dari virus itu sendiri. Untuk mengetahui hal itu Bagaimana sih sebenarnya sifat virus? Sifat-sifat virus yaitu parasit obligat (hanya dapat hidup pada inang yang hidup saja), virus tidak dapat menyerap cairan (nutrisi tanaman) tetapi memasuki sel inang dan memperbanyak diri didalamnya.

qwApabila inangnya telah mati maka virus akan meninggalkan sel inangnya dan mencari inang yang baru. Pengendalian atau pemberantasan virus hampir tidak mungkin dilakukan karena virus mudah untuk bermutasi. Pengendalian hanya bisa dilakukan terhadap vektor penularnya (organisme yang menularkan virus atau organisme pembawa virus).

Bagaimana sih gejala umum dari penyakit tanaman yang disebabkan oleh viru? Gejala yang ditunjukan tanaman apabila terinfeksi virus adalah terdapat pada daun, batang, buah, cabang, serta akar. Gejala-gejala yang muncul adalah ditunjukkan dengan ukuran yang mengecil dari ukuran normal, perubahan bentuk pada bagian tanaman (bentuk tidak seperti biasa), kematian jaringan tanaman (misalnya bercak bercincin), perubahan warna serta pertumbuhan tanaman akan terhambat.

Apa penyebab dan Bagaimana cara hidup virus? Banyak sekali jenis virus yang menyerang tanaman diantaranya adalah geminivirus, CMV, TMV, ChiVMV. Pada saat tanaman inang atau tanaman pokok tidak ada di lahan (tidak dibudidayakan), virus dapat bertahan hidup yaitu pada bahan tumbuh pada tanaman atau pada biakannya, gulma serta vektor (serangga penular virus itu sendiri). Khususnya pada TMV masih dapat hidup pada daun tembakau yang sudah kering (jadi rokok).

Darimana asal serangan virus?  Asal serangan virus sangat beragam dan banyak sekali. Sumber serangan virus dapat berasal dari bahan biakan (benih) (terutama untuk TMV dan CMV), tanaman sakit yang berada di lahan atau lapangan (baik tanaman pokok yang dibudidayakan atau lainnya seperti gulma), vektor (serangan-serangga penular virus) serta manusia dapat menjadi perantara terutama melalui proses pelukaan tanaman saat sedang melakukan perawatan untuk tanaman budidaya.

Bagaimana karakteristik penyebab serangan? Perkembangan virus berkembang dari waktu ke waktu. Di lapangan (lahan), pola sebaran penyakit yang terinfeksi oleh virus tidak teratur. Infeksi atau serangan virus juga selalu dibarengi dengan serangan pembawanya (vektor). Penyakit yang disebabkan oleh virus biasanya ditemukan pada tanaman tertentu atau jenis tanaman tertentu.

Bagaimana cara penularan infeksi virus? Virus menular dari satu tanaman ke tanaman lainnya melalui aktivitas vektor (serangga penular) antara lain kutu kebul, Thrips serta dapat juga kutu daun. Penularan ini melalui adanya pelukaan tanaman karena adanya proses budidaya (tertutama selama proses perlakuan fisik terhadap tanaman) seperti pelekatan, pengikatan, dan juga pemotongan. Hal ini juga terjadi karena adanya gesekan antara tanaman yang terserang virus dengan tanaman sehat.

Faktor lingkungan yang bagaimana yang mempengaruhi serangan virus? Penyakit yang disebabkan oleh virus berkembang baik pada musim karena populasi vektor berkembang dengan baik apabila suhunya sesuai untuk perkembangan virus.

Virus apa saja yang menyebabkan penyakit tanaman? Virus yang dapat menyebabkan penyakit adalah virus mosaik ketimun (Cucumber Mosaic Virus/CMV), virus mosaik tembakau (tobacco mosaic virus/tmv), chili vein mottle virus (ChiVMV), potato virus Y (PVY), tomato spotted wilt ringspot virus (virus

bercak bercincin) serta gemini virus (virus kuning).
Bagaimana strategi pengendalian virus? Strategi pengendaliannya adalah menghindari adanya kontak virus dengan tanaman pada saat usia dini (benih sehat, perlindungan bibit), Menghindari kontak dengan vektor, mengurangi populasi vektor penular virus (memasang perangkap likat kuning serta aplikasi pestisida), pengamatan rutin dan memusnahkan tanaman yang terserang, penggunaan PGPR (Plant Growth Promoting Rhizobacteria) agar tanaman lebih bugar dan menginduksi ketahanan.

Baca Artikel Lainnya :

Loading…

About Mas Joko

Bukan Indonesia Yang Membutuhkan Dunia, Namun Dunia Yang Membutuhkan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *